• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KONSEP PERANCANGAN LABORATORIUM TUMBUH KEMBANG ANAK

    Thumbnail
    View/Open
    22_Alpha Fabela.pdf (484.0Kb)
    Date
    2011-05-28
    Author
    Febela, Alpha
    Mutiari, Dhani
    Yoga, Kharisna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Anak-anak di usia dini merupakan embrio generasi penerus bagi perjuangan bangsa di masa mendatang. Pendidikan merupakan salah satu yang ditekankan untuk dipikirkan secara lebih baik bagi mereka. Selain kurikulum dan proses pembelajaran yang berbasis Multiple Intelligence dan Holistic Integrative diperlukan juga suatu wadah yang mampu mengembangkan kedua basis tersebut. Dari latar belakang diatas maka permasalahannya adalah bagaimanakah konsep perancangan bagi wadah pendidikan anak-anak di usia dini. Anak-anak di usia dini membutuhkan wadah yang memiliki nilai keamanan yang tinggi. Standart-standart tentang nilai keamanan ini merupakan pustaka utama yang akan digunakan. Selain itu juga literature tentang bentukbentuk yang mampu mengembangkan kreativitas , keaktifan anak, kearifan lokal dan ramah lingkungan serta nilai-nilai keislaman sebagai dasar pengenalan anak terhadap basic knowledge. Metode yang digunakan di dalam proses pembuatan konsep perancangannya adalah dengan studi literature dan studi banding ke tempat pendidikan anak di usia dini. Dari hasil studi itu kemudian dibuat program ruang dan karakter bangunannya. Konsep ruang bangunan ini adalah adanya pemisahan antara publick space dengan area untuk anak-anak, tetapi memungkinkan pengawasan tinggi tanpa membatasi gerak anak. Unsur ramah lingkungan diaplikasikan dalam ruang yang memanfaatkan cahaya dan penghawaan alami serta taman di setiap sudut bangunan termasuk green roof. Kearifan lokal diaplikasikan di dalam bentuk atap tradisional yang dimodifikasi sehingga tidak mengurangi kreatifitas anak.Pengenalan nilai-nilai Islami tidak terjebak dalam simbol-simbol umum tetapi lebih pada keindahan dan harmonisasi perulangan bentuk-bentuk geometri.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/1523
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2011

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV