Show simple item record

dc.contributor.authorPartini
dc.date.accessioned2012-06-06T07:23:38Z
dc.date.available2012-06-06T07:23:38Z
dc.date.issued2011-05-28
dc.identifier.citationAssahra, M. F. 2004. Konsep Diri Remaja Yang Tinggal Di Panti Asuhan (Studi Kasus). Jakarta: Universitas Gunadarma Cahyaningrum, M. K. 2002. Hubungan antara Konsep Diri dengan Konformnitas pada Remaja. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Calhoun, J. F dan Acocella, J.R. 1995. Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan. Edisi Ketiga. Penerjemah: Satmoko, RS Semarang: IKIP Semarang Press. Centi, J. P. 1993. Mengapa rendah diri?. Yogyakarta: Kanisius. Departemen Sosial Republik Indonesia. 1997. Panduan Pelaksanaan Pembinaan Kesejahteraan Sosial Anak Melalui Panti Sosial Asuhan Anak. Jakarta (tidak diterbitkan) Febriasari, A. 2007. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan Al Bisri Semarang Tahun 2007. Skripsi (Tidak diterbitkan). Semarang : Universitas Negri Semarang. Gunarsa, S. D, & Gunarsa, Y. S. D, 2002. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia. Hangal, A & Aminabhavi, V. A. 2007. Self- Concept, Emotional Maturity and Acievement Motivation of the Adolescent Children of Employed Mothers and Homemakers. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, January 2007, Vol. 33, No.1, 103-110. Herdiansyah, H. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika. Hurlock, E. 2004. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga Press. Monks, F. J. Knoers, A. M..P & Haditono, S. R, 2002. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Perss. Prasetya, N. 2008. Dinamika Konsep Diri Pada Narapidana Menjelang Bebas. Skripsi (Tidak di terbitkan). Surakarta :Universitas Muhammadyah Surakarta Pudjijogyanti, C. R. 1995. Konsep Diri dalam Pendidikan. Jakarta: Arcan. Purwanto, N. M. 1993, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : PT. Remaja Rosdakarya. Ritandiyono & Retnaningsih. 1996. Aktualisasi diri. Jakarta: Gunadarma. Rola, F. 2006. Konsep Diri Remaja Penghuni Panti Asuhan. Makalah. Medan : Universitas Sumatra Utara. Santrock, J. W. 2002. Live Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Edisi 5. Alih Bahasa : Chausairi, A. Jakarta : Erlangga. Referensi dari internet : http://unikunik.wordpress.com/2009/05/03/teori-alfred-adler/. diakses tanggal 10 Februari 2011en_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1525
dc.description.abstractPrestasi di bidang apapun menjadi impian bagi semua remaja, termasuk remaja yang tinggal di panti asuhan. Beberapa kejuaraan berhasil diraih, meskipun pada awalnya mengalami berbagai problema psikologis seperti kepribadian yang inferior, pasif, menarik diri dan mudah putus asa serta memiliki kecenderungan konsep diri yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri remaja berprestasi yang tinggal di panti asuhan dan faktor orang tua dan pengasuh yang mempengaruhi konsep diri mereka. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Nur Hidayah islamic Center Surakarta di asrama putra dan asrama putri.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa remaja berprestasi yang tinggal di panti asuhan pada awalnya memiliki pandangan yang negatif terhadap dirinya sendiri seperti tidak percaya diri dan perasaan rendah diri. Namun seiring dengan harapan dan usaha mereka terhadap masa depan, mereka mampu untuk berprestasi dan menjadi lebih percaya diri. Faktorfaktor yang mempengaruhi antara lain motivasi dan dukungan dalam bentuk perhatian serta kasih sayang dari orang tua dan pengasuh panti asuhan.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectkonsep dirien_US
dc.subjectremaja berprestasien_US
dc.subjectpanti asuhanen_US
dc.titlePERAN ORANG TUA DAN PENGASUH DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI REMAJA BERPRESTASI DI PANTI ASUHANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record