Show simple item record

dc.contributor.authorWidodo, Sri
dc.date.accessioned2012-06-25T04:35:31Z
dc.date.available2012-06-25T04:35:31Z
dc.date.issued2010-09
dc.identifier.citationAASHTO. (1993). Guide for Design of Pavement Structure. AASHTO, Washington D.C. Dep. Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2002). Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Pt T-01-2002-B, Jakarta. Bina Marga. (2000). ”Proyek Peningkatan Jalan dan Penggantian Jembatan Provinsi Jawa Tengah Paket BP 02A (Klaten-Kartasura)”, Jakarta. Kandhal, P.S. and Rickards, I.J. (2001). ” Premature Failure of Asphalt Overlays From Stripping : Case Histories.” National Center for Asphalt Technology of Auburn University, Report 01-01, Alabama. Kim, Y.R., Park, H.M., Aragão, F.T.S., and Lutif, J.E.S. (2009). “Effects of Aggregate Structure on Hot-Mix Asphalt Rutting Performance in Low Traffic Volume Local Pavements”, Construction and Building Materials Vol. 23 pp 2177–2182, Elsevier , Miamisburg United States. Suroso, T.W. (2008). “Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Dini Pada Perkerasan Jalan” Jurnal Jalan dan Jembatan Vol. 25 No.3, Bandung.en_US
dc.identifier.issn1411- 8904
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/1695
dc.description.abstractSekitar 48 % jalan-jalan Nasional di Indonesia dalam kondisi sedang dan jelek. Sebab utama dari kondisi tersebut adalah jeleknya kualitas bahan perkerasan jalan yang mengakibatkan menurunnya pelayanan jalan. Tulisan ini memaparkan hasil studi akibat kerusakan perkerasan aspal terhadap umur pelayanan jalan. Studi dilaksanakan dengan cara menghitung kapasitas struktur perkerasan jalan Kartasura-Klaten pada berbagai macam kualitas lapis aus Beton aspal dan fondasi dengan bahan ikat aspal. Kapasitas perkerasan dinyatakan dengan jumlah lintasan beban sumbu satandar 18 Kip yang mampu dilayani oleh bahan perkerasan tersebut. Rumus-rumus dari AASHTO Guide for Design of Pavement Structure 1993 digunakan dalam studi ini. Studi menunjukkan bahwa jeleknya kualitas bahan perkerasan jalan berakibat berkurangnya nilai struktural perkerasan jalan dan pengurangan umur pelayanan jalan. Dengan menganggap petumbuhan lalulintas sebesar 8 % per tahun, pengurangan umur pelayanan jalan berkurang antara 1,1 sampai 1,9 tahun untuk kerusakan pada lapis aus saja. Akan tetapi jika kerusakan terjadi pada lapis aus dan fondasi beraspal, umur pelayanan jalan akan berkurang antara 1,5 sampai 12,4 tahun.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectkualitas perkerasanen_US
dc.subjectnilai structuralen_US
dc.subjectumur pelayananen_US
dc.titleEFFECT OF ASPHALT PAVEMENT DISTRESS TO ROAD SERVICE LIFE ON NATIONAL ROAD KARTASURA–KLATENen_US
dc.title.alternativePENGARUH KERUSAKAN PERKERASAN ASPAL TERHADAP UMUR PELAYANAN JALAN RAYA DI JALAN NASIONAL KARTASURA-KLATENen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record