PENGUKURAN KINERJA RITEL ONLINE DI INDONESIA
Abstract
Meskipun telah cukup banyak ritel online yang muncul, pengetahuan tentang bagaimana mereka
mengukur kinerja bisnis online tersebut masih belum banyak diketahui. Literatur menunjukkan bahwa
pengukuran kinerja mempunyai peran strategis dan operasional. Studi ini bertujuan mempelajari
indikator kinerja yang dipakai oleh ritel online di Indonesia. Berdasarkan literature, indikator
kinerja dikelompokkan ke dalam 5 aspek yaitu financial, marketing, customer, operation, dan web.
Metode riset yang digunakan ialah survey online melalui email kepada para pengelola ritel online di
Indonesia. Temuan studi ini di antaranya menunjukkan bahwa ada 5 indikator teratas yang
digunakan oleh hampir semua ritel online, dengan dua indikator yaitu: on-time delivery dan unique
visitors yang khusus untuk ritel online dan tiga lainnya yaitu number of orders, total sales, dan profit
margin merupakan indikator yang juga dipakai oleh ritel (toko) tradisional. Temuan lainnya yaitu
mayoritas ritel online tidak menekankan pada berbagai indikator tentang customer acquisition dan
customer retention. Secara keseluruhan, meskipun ritel online di Indonesia masih dalam tahap
perkembangan awal, mereka telah rasional dalam mengevaluasi kinerja bisnisnya yang ditunjukkan
dengan kompleksitas indikator yang digunakan.