dc.identifier.citation | _______ (2009), ”Survey Pengguna Internet di Indonesia” (http://dokterkomputer.com/survey-pengguna-internetdi- indonesia/ , diakses 15 Oktober 2009) Davis, F.D, (1989), “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and User Acceptance of Information Technology”, MIS Quarterly, Vol 13 (3), pp. 319-340 Kurnia, S., Smith, S.P. dan Lee, H., (2006), “Consumers' Perception of Mobile Internet in Australia”. e-Business Review, Vol 5 (1), pp. 19-32 Lu, June, Chun-Sheng Yu, Chang Liu dan James E. Yao, (2003), “Technology Acceptance Model for Wireless Internet”, Internet Research: Electronic Networking Applications and Policy, Vol 13 (3), pp. 206-222 Phuangthong, D. dan Malisawan, S., (2005), “A Study of Behavioral Intention for 3G Mobile Internet Technology: Preliminary Research on Mobile Learning”, (Online) (http://www.au.ac.th/cide, diakses 1 Maret 2009) Santoso, Singgih, (2007), ”Structural Equation Modeling: Konsep & Aplikasi dengan AMOS”, Elex Media Komputindo Sekaran, Uma, (1992), “Research Method for Business”. John Wiley and Sons, Inc., New York Wijaya, Tony, (2009), “Analisis Structural Equation Modeling (SEM) Menggunakan AMOS”, Universitas Atmajaya | en_US |
dc.description.abstract | Teknologi mobile internet adalah suatu teknologi yang menyediakan akses internet nirkabel dengan
menggunakan perangkat mobile seperti telepon genggam atau PDA (Personal Digital Assistants).
Adanya teknologi mobile internet ini akan memungkinkan seseorang mengakses Internet tanpa
terbatas ruang dan waktu. Mobile internet saat ini telah berkembang dan diproyeksikan untuk
dipergunakan pada berbagai macam kegiatan seperti m-commerce (perdagangan lewat mobile
Internet), mobile banking, m-learning (belajar melalui mobile Internet), mobile marketing, dan
sebagainya. Pada penelitian ini akan meneliti persepsi pengguna terhadap penggunaan teknologi
mobile internet dengan mengidentifkasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penerimaan
teknologi mobile internet ini.
Penelitian ini akan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) yang banyak digunakan
untuk menguji tingkat penerimaan masyarakat terhadap suatu bentuk teknologi informasi. Pada
penelitian ini, TAM digunakan untuk menguji faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
penggunaan mobile Internet di Indonesia. Pengolahan data lebih lanjut dilakukan dengan
menggunakan metode Structural Equation Model (SEM).
Kesimpulan yang diperoleh pada penelitian ini membuktikan bahwa harapan akan besarnya manfaat
yang dapat diberikan (perceived usefulness) dan rasa kemudahan penggunaan (perceived ease of
use) pada teknologi mobile internet merupakan faktor utama yang dapat mempengaruhi keinginan
masyarakat untuk terus menggunakan (behavioural intention to use) teknologi ini. Keinginan untuk
terus menggunakan teknologi ini akan secara signifikan mendorong penggunaan nyata mobile
internet (actual usage) di Indonesia. Berdasar fakta ini, maka diberikan usulan-usulan yang
diharapkan mampu meningkatkan manfaat dan kemudahan penggunaan layanan mobile internet di
Indonesia. | en_US |