dc.description.abstract | Penelitian ini dilakukan pada PT. Kharisma Rotan Mandiri Sukoharjo yang terletak di Gesingan
RT.02/09, Luwang, Kecamatan Getak, Sukoharjo.merupakan sebuah perusahaan yang bergerak
dibidang industri furniture, dimana saat ini sedang dalam kondisi perbaikan kinerja. Aspek yang
menjadi sasaran dalam perbaikan kinerja ini meliputi: aspek keuangan, aspek pekerja atau karyawan
dan aspek konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dimana pengambilan data dilakukan dengan
kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden yaitu karyawan PT. Kharisma
Rotan Mandiri Sukoharjo. Pengukuran dengan menggunakan skala Linkert yaitu skala 1-5, dimana 1
= sangat tidak setuju, 2 = tidak setuju, 3 = ragu-ragu, 4 = setuju, 5 = sangat setuju. Metode yang
digunakan untuk mengevaluasi kepuasan karyawan dengan mengunakan BALANCED SCORECARD.
Pada analisis data masing-masing perspektif dengan menggunakan parameter yang telah ditentukan
untuk masing-masing perspektif. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, dapat diketahui bahwa
perspektif keuangan belum menunjukkan indikasi yang baik, sedangkan perspektif pelanggan, proses
bisnis internal dan pembelajaran dan pertumbuhan sudah menunjukan indikasi yang baik.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa kinerja PT. Kharisma Rotan
Mandiri Sukoharjo jika dinilai dengan konsep BSC menunjukkan hasil yang cukup baik dengan
presentase yang dicapai sebesar 37.5% maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hipotesis dalam
penelitian ini diduga PT. Kharisma Rotan Mandiri Sukoharjo mempunyai kinerja perusahaan yang
cukup baik namun dari perspektif keuangan perlu adanya perbaikan. | en_US |