dc.identifier.citation | Badan Standar Nasional Pendidikan. 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia. Jakarta. Finoza, Lamuddin. 2004. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan MuliKendall, John. 2000. “Topics: A roadmap to Standards”. NASSP Bulletin DOI:0.1177/ 019263650008462005 2000; 84, 37 Keraf, Gorys. 1987. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: P.T. Gramedia. Leonhardt, Mary. 1995. Cara Menjadikan Anak Anda Bergairah Menulis. Bandung: Kaifa. Moleong, Lexi J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya. Nurgiantoro, Burhan. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Yogyakarta: BPFE. Rusyana,Yus. 1988. Bahasa dan Sastra dalam Gomitan Pendidikan. Bandung: Diponegoro. Scott, B.J dan Michael R. Vitale. 2003. “Teaching the Writing Process to Studedents with LD “Intervention in Scoll and Clinic: 2003, 38, 220 DOI: 10.1177/105345120303800404. Semi, M. Atar. 2003. Menulis Efektif. Padang: Angkasa Raya. Supriadi, Dedi. (1997). Isu dan Agenda Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jakarta: P.T. Rosda Jayaputra. Sutama, I Made. 2001. “Tanya Jawab Pramenulis untuk Memudahkan Siswa Menghasilkan Tulisan” (Makalah) IKIP Negeri Singaraja. Suwandi, Sarwidi. 2008. Penelitian Tidakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah Surakarta: panitia Setifikasi Guru rayon 13. Tan, Carlene H.P.2004. “An Evaluation of the Communicative Approach for the Taching of the General Paper in Singapore”. Journal of Language and Learning Vol 2 No. 1. 2004 ISSN 1740-4983. Singapore: National Institute of Education, Nanyang Technological University. Tarigan, Henry Guntur: 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa Tompkins, Gail E (1990), Teaching Writing Balancing Process and Product. New York: Macmillan Publishing Company. Widyamartaya, A. 1992. Seni Menuangkan Gagasan Cetakan Kedua. Yogyakarta: Karnisisus. Zuchdi, Darmiyati. 1999. “Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Asing dengan Pola Kemitraan” Makalah KIPBIPA III. Bandung. IKIP Bandung. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan
kompetensi siswa dalam menulis teks narasi melalui pendekatan proses. Penelitian ini
dilakukan di SD Negeri 05 Adipala Cilacap Glempangpasir. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa siswa meningkatkan keterampilan mereka seperti: (1) siswa
‘kreativitas untuk mengajukan pertanyaan, untuk memberikan opinian, dan dan untuk
berdebat meningkatkan, (2) siswa’ kesadaran lingkungan baik di rumah dan sekolah,
(3) ‘kreativitas dalam proses belajar mengajar dan (4) siswa guru keterampilan menulis.
Hasil tes pada siklus I 60,8, pada siklus II 70,4 dan pada siklus III 76,4 yang lebih tinggi
dari nilai batas untuk belajar yang lengkap, yaitu 75. | en_US |