Show simple item record

dc.contributor.authorHw., Slamet
dc.contributor.authorKhotimah, Rita P
dc.date.accessioned2012-09-07T17:55:11Z
dc.date.available2012-09-07T17:55:11Z
dc.date.issued2011-08
dc.identifier.citationFauzan, Ahmad. 2001. “Pendidikan Matematika Realistik – Suatu Tantangan dan Harapan”. Makalah Seminar Nasional Pendekatan Realistik dan Seni. Univ.Sanatha Dharma Yogyakarta 14-15 Nopember 2001 (tidak diterbitkan). Bill Cerbin & Bryan Kopp. Tahun . “A Brief Introduction to College Lesson Study. Lesson Study Project”. online: http://www.uwlax.edu/sotl/lsp/index2.htm Mulyana. Slamet. 2007. “Lesson Study” (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat Zulkardi. 2002. “RME suatu Inovasi dalam Pendidikan Matematika di Indonesia”. http:// www.geocities.com/ratuilma/paper/Semarang.html : 9/11/2002en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2001
dc.description.abstractMatematika seperti anggapan banyak orang sebagai pelajaran yang sulit. Anggapan ini tidak salah karena nilai rata-rata Ujian Nasional matematika sekolah dasar dan menengah hampir selalu berada di bawah nilai rata-rata pelajaran lainnya. Sifat dasar matematika yang abstrak menjadi kendala utama untuk dipelajari terutama bagi siswa yang masih dalam perkembangan berpikir konkret atau semi konkret. Keadaan itu diperparah oleh penggunaan metode pembelajaran yang masih terfokus pada guru (teacher-centered), tidak berfokus pada siswa (child-centered). Suatu kenyataan bahwa walaupun saat ini telah banyak diupayakan untuk meningkatkan profesionalisme guru lewat workshop atau penataran, akan tetapi hasilnya belum dapat dirasakan. Lesson Study yang saat ini dikembangkan di berbagai Perguruan Tinggi diyakini dapat meningkatkan profesionalisme guru. Hasil sosialisasi Leson Study, simulasi Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dan Pendampingan Penyusunan RPP terhadap guru-guru SD Negeri 1,2 Gentan didapatkan simpulan bahwa: (1) Guru-guru antusias dan aktif selama mengikuti sosialisasi, simulasi, dan pendampingan penyusunan RPP, (2) Ditinjau dari penguasaan materi, guru-guru mengalami peningkatan pemahaman konsep terutama pada operasi bilangan pecahan dan luas bangun-bangun datar yang semula dipandang sebagai kesulitan untuk mengajarkannya kepada siswa, (3) Guru-guru mengalami peningkatan kompetensi profesional terutama dalam hal menyusun RPP, dan (4) Sebagian besar guru yakin bahwa dengan menerapkan PMRI lewat pendekatan Lesson Study akan membantu meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika yang ujung-ujungnya akan dapat meningkatkan prestasi belajar.en_US
dc.subjectKompetensi Profesionalen_US
dc.subjectLesson Studyen_US
dc.subjectPMRIen_US
dc.titlePENINGKATAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) MELALUI LESSON STUDYen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record