Show simple item record

dc.contributor.authorIchsan, Burhannudin
dc.contributor.authorSuryadi, Efrayim
dc.contributor.authorPrabandari, Yayi Suryo
dc.date.accessioned2012-09-10T05:51:49Z
dc.date.available2012-09-10T05:51:49Z
dc.date.issued2011-08
dc.identifier.citationBiggs, J. (2006) Teaching for Quality Learning at University. 2nd ed. SRHE and Open University Press Imprint. Dent, J.A. & Harden, R.M. (2005) A Practical Guide for Medical Teachers. 2nd ed. Elsevier Churchill Livingstone. Amin, Z. & Eng, K.H. (2006) Basics in Medical Education. Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte.Ltd. Ramsden, P. (2006) Learning to Teach in Higher Education. 2nd ed. New York: RoutledgeFalmer. Tiwari, A., Lai, P., So, M. & Yuen, K. (2006) A comparison of the effects of problem-based learning and lecturing on the development of students’ critical thinking. Medical Education; 40: 547-554. Newble, D. & Cannon, R. (2001) A Handbook for Medical Teachers. 4th ed. Kluwer Academic Publishers. Ernst, H. & Colthorpe, K. (2007) The efficacy of interactive lecturing for students with diverse science backgrounds. Advan. Physiol. Edu. 31: 41-44. Kumar, S. (2003) An Innovative Method to Enhance Interaction During Lecture Sessions. Adv Physiol Educ 27:20-25. Gülpinar, M.A. & Yeðen, B.C. (2005) Interactive lecturing for meaningful learning in large groups. Med Teach. Nov;27(7):590-4. Elliot, D. (2005) Early Mornings and Apprehension: Active Learning in Lectures. Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education 4(1). 53-58. Knight, J.K. & Wood, W.B. (2005) Teaching More by Lecturing Less. Cell Biol Educ. Winter; 4(4): 298-310 Gauci, S.A., Dantas, A.M., Williams, D.A. & Kemm, R.E. (2009) Promoting student-centered active learning in lectures with a personal response system. Adv Physiol Educ 33: 60-71. Dijk, L.A.V. & Jochems, W.M.G. (2002) Changing A Tradisional Lecturing Approach into An Interactive Approach: Effects of Interrupting the Monologue in Lectures. Int. J. Enging Ed. Vol. 18, No. 3, pp. 275-284. Gagné, R.M., Biggs, L.J. & Wager, W.W. (1992) Principles of Instructional Design. Florida: Harcout Brace Javanovich Publisher. Suhoyo, Y. (2008) Perbandingan Efektifitas antara Computer-based Learning (CBL) dan Kuliah sebagai Metode Pengajaran Prinsip Dasar Bioetika pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran UGM. Tesis Magister Ilmu Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.Santrock, J.W. (2008) Educational Psychology. New York: Mc Graw Hill. Goldberg, H.R., Haase, E., Shoukas, A. & Schramm, L. (2006) Redefining classroom instruction. Adv Physiol Educ 30: 124-127. Lake, D.A. (2001) Student Performance and Perceptions of A Lecture-based Course Compared With the Same Course Utilizing Group Discussion. Physical Therapy. Volume 81. Number 3. Costa, M.L. Rensburg, L.V. & Rushto, N. (2007) Does teaching style matter? A randomised trial of group discussion versus lectues in orthopaedic undergraduate teaching. Medical Education; 41: 214-217. Brown, G. & Manogue, M. (2001) Refreshing lecturing: a guide for lectures. Medical Teacher, Vol. 23, No. 3. Prince, M. (2004) Does Active Learning Work? A Review of the Research. Journal of Engineering Education. July.en_US
dc.identifier.issn1411-5190
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2004
dc.description.abstractPerkuliahan dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì merupakan salah satu bentuk kuliah interaktif. Metode ini dapat membantu mahasiswa untuk menyesuaikan eventevent di luar dengan proses memori internal. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan perbedaan keefektifan perkuliahan yang menggunakan prinsip-prinsip Gagneì dan perkuliahan model tradisional terhadap motivasi dan hasil belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Data berupa hasil belajar diukur dengan tes pilihan ganda; sedangkan motivasi mahasiswa diukur dengan Motivated Stategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Subyek penelitian adalah semua mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta semester lima. Subyek dirandom menjadi dua kelompok: kelompok kuliah tradisional dan kelompok kuliah dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì. Data dianalisis dengan Pairedsamples T-tes dan Independent-samples T-test. Hasil penelitian menunujukkan sebagai berikut: (1) terdapat perbedaan signifikan pada pengetahuan mahasiswa pada kedua kelompok; (2) Tidak terdapat perbedaan bermakna pada hasil belajar mahasiswa antara kelompok kuliah dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì dengan kelompok kuliah tradisional; (3) Terdapat perbedaan motivasi antara kelompok kuliah dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì dengan kelompok kuliah tradisional. Motivasi mahasiswa pada kelompok kuliah dengan menggunakan prinsip-prinsip Gagneì lebih baik dari kelompok kuliah tradisional, walaupun perbedaannya tidak bermakna.en_US
dc.subjectefektivitas perkuliahanen_US
dc.subjectprinsip Gagneen_US
dc.titlePERBANDINGAN KEEFEKTIFAN PERKULIAHAN DENGAN MENGGUNAKAN PRINSIP-PRINSIP GAGNÉ DAN TRADISIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWAen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record