dc.identifier.citation | Ayinosa. 2009. Brain Gym (Senam Otak). Diakses tanggal 15 Januari 2010. Diperoleh dari http://book.store.co.id/2009 Beighle, A., et al. 2008. Children’s Physical Activity During Recess and Outside of School. The Journal of School Health; Dec 2008; 76, 10; Academic Research Library pg. 516. Dennison, PE. 2008. Brain Gym and Me. Jakarta : Gramedia. Fanny, R. 2009. Brain Gym Tingkatkan Potensi Seseorang. Diakses tanggal 15 Januari 2010. Diperoleh dari http://kiatsehat.com/2009. Hyatt, JK., et al. 2007. Brain Gym: Building Stronger Brains or Wishful Thingking. Journal Remedial and Special Education; Mar/Apr 2007; 28, 2; Academic Research Library pg. 117. Maya, I. 2009. Usaha Peningkatan Kepercayaan Diri Siswa Mengerjakan Soal Matematika Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Interaktif. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS: Surakarta Mulyono, T. 2009. Ketika Anak Berbicara Tentang Pengalaman Ketidaksukaan belajar matematika. Diakses pada tanggal 13 Maret 2010. http://rusgianto.blogspot.com/.../ketika-anakberbicara- tentang-pengalaman-ketidaksukaan-belajar-matematika.html Noor, I. 2008. Model Membaca, Menulis, dan Berhitung di Sekolah Dasar. Diakses pada tanggal 13 Maret 2010. http://www.depdiknas.go.id/publikasi/balitbang/071/j71_06.pdf Prihastuti. 2009. Pengaruh Brain Gym Terhadap Peningkatan Kecakapan Berhitung Siswa Sekolah Dasar. Diakses dari http://lpm.uny.ac.id/downloadcenter/CPFebruari2009.pdf pada tanggal 11 Maret 2010. Rentschler, M. 2007. The Basics Of Educational Kinesiology. Journal of Behavioral Optometry, vol.16/2007/number 4/page 95. Rizki, D. 2008. Usaha Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Dengan Brain Gym Siswa Tingkat SMP Konsep Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UMS: Surakarta Santrock, JW. 2004. Child Development. Mc Graw Hill: New York Yusuf, S. 2003. Pendidikan bagi Anak dengan Problema Belajar. PT. Tiga Serangkai Pustaka Mandiri: Solo: | en_US |
dc.description.abstract | One of factors that affect mathematical skill is physical factor. The lesson will be easier to understand
when using the whole brain. One of exercises which can be used to help understanding the lesson is
brain gym. Brain gym gives positive effect in improving memories, mathematical skill, attention,
awareness, and brain functions in planning, response, and decision making. This research aim was to
investigate the effectivity of brain gym on improving mathematical skill. The result of the research
showed that brain gym was very effective on improving mathematical skill in calculating operations. | en_US |