• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Sosial
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Sosial
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN CEBAL (CHARACTERISTIC AND EMPHATY BASED ACTIVE LEARNING) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA PESERTA DIDIK SD MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS, KOTA BARAT, SURAKARTA.

    View/Open
    BAB 3,4,5.pdf (380.4Kb)
    ABSTRAK.pdf (125.3Kb)
    BAB 2.pdf (195.2Kb)
    Daftar Pustaka.pdf (210.0Kb)
    BAB I.pdf (214.0Kb)
    Date
    2012-11-30
    Author
    Maftuhah Hidayati, Yulia
    Susianawati, Novilia
    Ummi Kaltsum, Honest
    Widiastuti, Hartati
    Hidayati, Nuril
    Hadiyono, Heru
    Fitriani, Azimah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kemitraan ini bertujuan untuk mengimplementasikan model pembelajaran CEBAL (Characteristic and Emphaty Based Active Learning. Penerapan pembelajaran CEBAL ini diupayakan sebuah pemecahan masalah terhadap peningkatkan pemahaman konsep IPA pada peserta didik SD Muhamadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Sehingga diharapkan dengan melalui penerapan pembelajaran CEBAL, akan terbangun karakter peserta didik yang kuat dan berempati. Adapun strategi yang digunakan dalam adalah studi kasus tunggal. Sumber data dalam penelitian Informan: guru IPA dan peserta didik, Tempat dan peristiwa, yang meliputi Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) beserta kelengkapan administrasi KBMnya. Dokumen, antara lain rencana pengajaran guru, Proses Belajar Mengajar (PBM) yang meliputi kegiatan belajar mengajar, perangkat mengajar, serta fasilitas pendukung. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru IPA dan peserta didik SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Hal ini dilakukan untuk mengetahui informasi tentang pemahaman konsep IPA. Selain itu untuk memperoleh informasi tentang implementasi pembelajaran CEBAL di SD Muhammadiyah Program Khusus, Kota Barat, Surakarta. Hasil kemitraan penerapan pembelajaran CEBAL (Chararter Empathy Based Active Learning), menunjukkan nilai kognitif yang maksimal, karakter yang disiplin, mandiri, tangkas, tanggung jawab, kebersamaan pun akan tumbuh dengan baik. Empati siswa pada siwa dan guru juga berkembang sempurna sebagai ujud shodaqoh (ilmu) dan siswa merasa yakin bahwa belajar bersama pandai juga bersama itu sesuatu yang nikmat dan membahagiakan. Disamping itu, membuat siswa menjadi siswa yang tidak hanya mampu menguasai materi tetapi juga membuat siswa menjadi berkarakter dan memiliki empati melalui proses belajar mengajar sesuai dengan yang direncanakan. Hasil implementasi pembelajaran CEBAL untuk materi IPA ini sangat menarik dan menyenangkan, hal ini terlihat dari antusiasme para siswa selama mengikuti pelajaran. Kelebihan selama implementasi model pembelajaran CEBAL mengindikasikan siswa menjadi lebih aktif dalam hal daya pikir, kemampuan bertanya, berdiskusi, dan kemampuan menjawab siswa. Kelemahan penerapan model pembelajaran CEBAL diantaranya membutuhkan waktu yang lebih lama, ruang kelas yang lebih besar, dan suasana kelas yang kurang kondusif (cenderung sedikit gaduh).
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2189
    Collections
    • Sosial

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV