dc.identifier.citation | Ahimsa-Putra, Hedi Shri. 2001. Strukturalisme Levi-Strauss: Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Galang Press. _______. 1996. Etnolinguistik: Beberapa Bentuk Kajian. Yogyakarta: Balai Penelitian Bahasa. Alwi, Hasan, dkk. 2000. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Anwar, Khaidir.1990. Fungsi dan Peranan Bahasa: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Arps, Bernard. 1992. Tembang in Two Traditions: Performance and Interpretation of Javanese Literature. London: University of London. Bakker S.J., J.W.M. 1988. Filsafat Kebudayaan: Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Kanisius dan BPK Gunung Mulia. Bhatia, Vijay K. 1993. Analysing Genre. London and New York: Longman. Blount, Ben G. 1974. Language, Culture, and Society. Illinois: Waveland Press, Inc. Brown, Gillian & George Yule. 1983. Discourse Analysis. USA: Cambridge University Press. _______. 1996. Analisis Wacana (terje-mahan I. Soetikno). Jakarta: Gramedia. Casson, Ronald W. 1981. Language, Culture, and Cognition. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. Dijk, Teun A. van. 1997. Discourse as Social Interaction. New Delhi: SAGE Publications. _______. 1998. Discourse as Structure and Process. London: Sage Publications. Edmondson, Willis. 1981. Spoken Discourse: A Model for Analysis. New York: Longman Group Limited. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS. Geertz, Clifford. 1983. Local Knowledge. New York: Basic Books, Inc., Publishers. Gordon, W. Terrence. 2002. Saussure untuk Pemula (Terjemahan Mei Setiyanto dan Hendrikus Panggalo). Yogyakarta: Kanisius. Halliday, M.A.K. & Ruqaiya Hasan. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks: Aspek- aspek Bahasa dalam Pandangan Semiotik Sosial (terjemahan Asruddin Barori Tou). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. ________. 1976a. Cohesion in English. London: Longman Group Limited. Haryanti, Dwi dan Agus Budi Wahyudi. 2007. “Ungkapan Etnis Petani Jawa di Desa Japanan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten: Kajian Etnolinguistik” dalam Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra Terakreditasi No. 34/DIKTI/Kep./2003, ISSN 0852-9604, Vol. 19 No.1, edisi Juni 2007 Halaman 35 -50. Surakarta: Jurusan FBS FKIP-UMS. Kartomihardjo, Soeseno. 1993. “Analisis Wacana dengan Penerapannya pada Beberapa Wacana”. PELBA 6. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya dan Kanisius. _______. 2000. “Analisis Wacana dalam Pengajaran Bahasa”. Jurnal Ilmiah Masyarakat Linguistik Indonesia, Tahun 18, Nomor 1. Lado, Robert. 1979. Linguistik di Pelbagai Budaya (Terjemahan Soenjono Dardjowidjojo). Jakarta: Ganaco N.V. Littlejohn, Stephen W. 1991. Theories of Human Communication. California: Wadsworth Publishing Company. McCarthy, Michael. 1993. Discourse Analysis for Language Teachers. New York: Cambridge University Press. Mardiwarsita, L. 1981. Kamus Jawa Kuna-Indonesia. Ende: Nusa Indah. Nababan, Sri Utari Subyakto. 1999. Analisis Wacana dan Pengajaran Bahasa. Jakarta: IKIP Jakarta. Nunan, David. 1993. Introducing Discourse Analysis. England: Penguin. _______. 1992. Mengembangkan Pemahaman Wacana: Teori dan Praktek (terjemahan Elly W. Silangen). Jakarta: PT Rebia Indah Perkasa. Oetomo, Dede. 1993. “Pelahiran dan Perkembangan Analisis Wacana”. PELBA 6. Jakarta: Lembaga Bahasa Unika Atma Jaya. Poedjosoedarmo, Soepomo. 2000. “Meaning and Distinctive Semantic Features” dalam In Search of Meaning: A Selected Articles on Language and Literature (Ed. Novita Dewi). Yogyakarta: Sanata Dharma University Press. Poerwadarminta, W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia: J.B. Wolters Uitgevers Maatschappij NV. Ramlan, M. 1993. Paragraf: Alur Pikiran dan Kepaduannya, dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset. Ricoeur, Paul. 2003. Filsafat Wacana. Yogyakarta: IRCiSoD. Saputra, Karsono H. 2001. Sekar Macapat. Jakarta: Wedatama Widya Sastra. Sinclair, J.McH and R.M. Coulthard. 1975. Towards an Analysis of Discourse. London: Oxford University Press. Spradley, James P. 1997. Metode Etnografi. Yogyakarta: PT Tiara Wacana. Sudaryanto (Ed.). 2001. Kamus Pepak Basa Jawa. Yogyakarta: Badan Pekerja Kongres Bahasa Jawa. Sumarlam (Ed.). 2003. Teori dan Praktik Analisis Wacana. Surakarta: Pustaka Cakra. Sunanda, Adyana. 2004. “Analisis Gaya Bahasa Sajak-sajak Karya Wiji Thukul” dalam Jurnal Kajian Linguistik dan Sastra Terakreditasi No. 34/DIKTI/Kep./2003, ISSN 0852-9604, Vol. 16 No.31, edisi Desember 2004 Halaman 126 -134. Surakarta: Jurusan FBS FKIP-UMS. Tarigan, Henry Guntur. 1987. Pengajaran Wacana. Bandung: Angkasa. Tedjohadisumarto, R. 1958. Mbombong Manah 1. Jakarta: Djambatan. Tyler, Stephen A. 1969. Cognitive Anthropology. New York: Holt, Rinehart and Anston, Inc. Wedhawati; Gloria Soepomo, Laginem. 1979. Wacana Bahasa Jawa. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Wijana, I Dewa Putu. 1996. Dasar-dasar Pragmatik. Yogyakarta: Andi. _______. 2002. “Wacana dan Pragmatik” dalam Analisis Wacana (Penyunting Kris Budiman). Yogyakarta: Kanal. Winter Sr., C.F. dan Ranggawarsita, R.Ng. 1994. Kamus Kawi—Jawa. Yogyakarta: Gadjah Mada University ress. Yule, George. 2006. Pragmatik (Terjemahan Indah Fajjar Wahyuni). Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Zoetmulder, P.J.1983. Kalangwan (Terjemahan Dick Hartoko). Jakarta: Djambatan. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur dan karakteristik wacana
tembang macapat Tripama, Wulangreh, and Kalatidha, sasmita, dan sistem kognisi,
serta kearifan lokal etnik Jawa. Objek penelitian yang berupa wacana tembang
macapat disediakan dengan teknik pustaka, simak, dan catat. Analisis data menggunakan
metode analisis wacana. Hasil penelitian: (1) Strktur wacana macapat
Tripama, Wulangreh, and Kalatidha disusun dalam pola purwa wacana, madya
wacana, dan wasana wacana. Ketiganya memiliki keutuhan wacana dilihat dari
kohesi dan koherensinya. Wacana ini memiliki karakteristik yang khas; (2) Sasmita dalam ketiga wacana macapat berupa permintaan kepada anak-cucu agar
memiliki perilaku yang baik, dan meninggalkan perilaku buruk. Selain itu juga
berupa tata hubungan antara manusia dengan Tuhan, raja, negara, lingkungan,
dan dengan manusia lain dalam kehidupan sehari-hari etnkik Jawa; (3) ketiga
wacana dapat mengungkapkan sistem kognisi etnik Jawa dan kearifan lokal etnik
Jawa karena dalam wacana tersebut terdapat konsep pemikiran atau cara
memandang masyarakat etnik Jawa terhadap Tuhan, raja, negara, lingkungan,
dan manusia lain yang diungkapkan melalui tembang. | en_US |