IMPLEMENTASI QUANTUM TEACHING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA MAHASISWA PRODI BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UHAMKA JAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode quantum
teaching dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi mahasiswa, dan
bagaimana caranya mengaplikasikan metode ini dalam meningkatkan kemampuan
menulis puisi mahasiswa. Penelitian yang terfokus pada aplikasi quantum teaching
dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi ini dilaksanakan dalam tiga
siklus selama enam belas kali dan sudah diaplikasikan kepada mahasiswa semester
V Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA.
Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data merupakan beberapa tes
(pretest dan postes), non tes (quesioner), observasi dan wawancara. Data-data
tersebut dianalisis secara kuatitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian tersebut
menunjukkan bahwa terdapat efek positif dari aplikasi metode quantum teaching
dalam kemampuan menulis puisi mahasiswa.