EFEKTIVITAS MODEL SINEKTIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF
Abstract
Dalam tahun-tahun belakangan ini, banyak pendapat dalam berbagai forum
menyatakan bahwa kompetensi menulis siswa-siswa kita mengalami penurunan.
Mereka tidak mampu menerapkan proses pembelajaran dalam komunikasi tertulis.
Secara umum, kemampuan ini diakibatkan oleh warisan sejarah nasional yang
terkait dengan konsep pendidikan kolonialisme, tradisi komunikasi lisan,
kebigungan dalam mengungkapkan ide atau gagasan, ketidakmampuan guru dalam
mengajar, panduan mata pelajaran dasar, dan model-model yang digunakan para
guru dalam menyampaikan pelajaran. Fenomena yang selalu menjadi pembahasan
utama dalam proses pembelajaran menulis perlu diatasi sehingga kondisi yang
tidak diinginkan dapat dipecahkan. Begitu pula, perlu menemukan penyebabnya
sehingga dapat dilakukan diagnosis sebagai proses terapi. Riset ini merupakan
salah satu upaya untuk memecahan permasalahan-permasalahan di atas.