dc.identifier.citation | Abdullah, Amin. 1999. “Pengantar”, dalam Mohammed Arkoun, Membongkar Wacana Hegemonik dalam Islam dan Post Modernisme. Surabaya: al-Fikr. A’la, Abd. 2004. “Kontekstualisasi Universalitas Bahasa al-Qur’an: Tawaran Arkoun tentang Interpretasi Makna dan Nilai al-Qur’an ke Dalam Kehidupan”, dalam Akademika, Vol.14 No.2. Al-Maududi, Abu al-A’la. 1951. Tafh)m al-Qur’ãn, vol.II. Lahore: 1951. Amal, Taufik Adnan. 2001. Rekonstruksi Sejarah al-Qur’an. Yogyakarta: FKBA. Anonim. 1986. “Demokrasi dan Proses Politik” . Jakarta: LP3ES. AN, Irfan. 2002. “Hermeneutika al-Qur’an: Kajian Metodologi Penafsiran Mohammed Arkoun.”Tesis IAIN Yogyakarta. Arkoen, Mohammed. 1995. “Islamic Studies: Methodologies” dalam John L. Esposito (eds.), The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World II. New York: Oxford University Press. _______________________. 1994. Rethinking Islam: Common Questions, Uncommon Answers. Boulder: westview. ________________. 1994. Nalar Islami dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan dan Jalan Baru, terj. Rahayu S. Hidayat. Jakarta: INIS. Azhar, Muhammad. 2002. “Dasar-dasar Epistemologis Pemikiran Mohammed Arkoun dan Implikasinya di Indonesia” dalam Epistemologi dan Refleksi Pemikiran Islam Kontemporer. Yogyakarta: Trans Media. _______________. 1996. Filsafat Politik, Perbandingan antara Islam dan Barat. Jakarta: Rajawali Pers. Ayoub, Mahmoud M. 2003. The Crisis of Muslim History: Religion and Politics in Early Islam. Oxford, England: Oneworld Publications. Baedhowi. 2003. “Islamologi Terapan dan Problema Aplikasinya (Mengkaji Pemikiran M. Arkoun)”, dalam al-Jamiah, Vol.41 No.1.Basis, No.11-12, th. Ke-54, November-Desember 2005 dan No.11-12, th. Ke-56, November- Desember 2007. Binder, Leonard. 1988. “Mohammed Arkoun: Islamic Structuralism”, dalam Islamic Liberalism: A Critique of Development Ideologies. Chicago: The University of Chicago Press. Bosworth, C.E. 2006. The Islamic Dynasties. Edinburgh: Edinburgh University Press. Black, Antony. 2006. Pemikiran Politik Islam, Dari Masa Nabi Hingga Masa Kini. Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta . Edwards, Paul (ed.). 1972. The Encyclopedia of Philosophy, Reprinted Edition Vol. 3. New York: Macmillan Publishing Co., Inc. and The Press. Fauzi, Ihsan Ali, (ed.). 1989. Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam, 70 Tahun Harun Nasution. Jakarta: LSAF. Fukuyama, Francis. 2000. The Great Disruption, Human Nature and the Reconstitution of Social Order. New York: Touchstone Rockefeller Center 1230 Avenue of the American. Giddens, Anthony. 1995. The Constitution of Society: The Outline of the Theory of Structuration Theory. t.tp., Polity Press Cambridge-UK. ______________. 1976. New Rules of Sociological Method: A Positive Critique of Interpretative Sociologies. London: Hutchinson & Co Publishers Ltd. Haryatmoko. 2003. Etika Politik dan Kekuasaan. Jakarta: Kompas. Hatta, Mohammad. 1984. “Tanggung jawab Moral Kaum Inteligensia”, dalam Aswab Mahasin dan Ismet Natsir, Cendekiawan dan Politik. Jakarta: LP3ES. Hinds, Patricia Crone & Martin. 1986. God’s Caliph, Religious Authority in the First Centuries of Islam. Cambidge: Cambridge University Press. Jurnal Ilmu Politik, AIPI-LIPI dan Gramedia. Jakarta: No.7/l990. Karim, Khalil Abdul. 2004. Negara Madinah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Khare, R.S. 1999. Perspectives on Islamic Law, Justice, and Society. New York-Oxford: Rowman & Littlefield Publishers, Inc. Kuntowijoyo. 2004. Islam sebagai Ilmu. Bandung: Teraju-Mizan. Lobban, Carolyn Fluehr (ed.). 1998. Against Islamic Exterimism. USA: University Press of Florida. Maftuhin, Arif. 2004. “Dari Nalar Ushuli Ke Nalar Interdisiplin: Studi Atas Implikasi Kritik Nalar Islami Mohammed Arkoun”, dalam Hermeneia, Pascasarjana UIN Yogya, Vol.3 No.1. Mulia, Musdah. 2001. Negara Islam, Pemikiran Politik Husain Haikal. Jakarta: Paramadina. M, Richard (ed.). 2004. Demokrasi Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Niagara. Nasir, Malki Ahmad. 2004., “Indonesian Scholars’ Reception of Arkoun’s Thought”, dalam Khazanah, Vol.I No.6/Juli-Desember. Noer, Deliar. 1983. Pengantar ke Pemikiran Politik. Jakarta: Rajawali Pers.Pabottingi, Mokhtar. 2008. Potret Politik Kaum Muslim di Perancis dan Kanada. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Rahman, Fazlur. 1965. Islamic Methodology in History. Karachi: Central Institute of Islamic Research. ____________. 1980. Major Themes of the Qur’an. Chicago: Bibliotheca Islamica. Rais, Amien. 1987. Cakrawala Islam, Antara Cita dan Fakta. Bandung: Mizan. Raziq, Ali Abd. 1925. al-Islãm wa Ushil al-Hukm. Kairo: Mathba’ah Misra Syirkah Musahamah Mishriyyah. Ricoeur, Paul. 1982. “The Model of Text, Meaningful Action Considered as Text,” dalam Hermeneutics and Human Sciences, trans. & ed. John B. Thompson. Cambridge: Cambridge University Press. Ridha, Rasyid. 1341. al-Khilãfah au al-Imãmah al-‘Uzhmã. Kairo: al-Manar. Riyadi, Hendar. 2003. “Kritik Epistemologi Al-Quran Model M. Arkoun dan Nasr Hamid Abu Zaid” dalam Tafsir Emansipatoris. Bandung: Setia. Rusmana, Dadan. 2004. “Interpretasi Semiotika Mohammed Arkoun”, dalam Khazanah, Vol.I No.6/ Juli-Desember. Runes, Dagobert D. (ed.). 1971. Dictionary of Philosophy. New Jersey, Totowa: Littlefield, Adams & Co. Saefuddin, Didin. 2003. Pemikiran Modern dan Postmodern Islam, Biografi Intelektual 17 Tokoh. Jakarta: Grasindo Sholihin. 2000. “Kritik Epistemologi Mohammed Arkoun terhadap Pemikiran Islam, Implikasi bagi Keberagamaan Islam Masa Depan.” Tesis IAIN Yogyakarta. Solihu, Abdul Kabir Hussain. 2000. Historicist Approach to the Qur’an, Kulliyah of Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences, Malaysia. Soroush, Abdul Karim. 2000. Menggugat Tradisi dan Otoritas Agama, Bandung. Bandung: Mizan. Sumaryono, E. 1993. Hermeneutik, Sebuah Metode Filsafat. Yogyakarta: Kanisius. Suseno, Franz Magnis. 1994. Etika Politik, Prinsip-prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern. Jakarta: Gramedia. Tamara, Mohammad Nasir. 1989. “Mohammed Arkoun dan Islamologi Terapan”, dalam Ulumul Qur’an, No.3, Vol. 1. ________. 2004. “Humanisme Islam: Mengkaji Pemikiran Mohammed Arkoun.” Tesis IAIN Yogyayakarta. Treanur, Paul. 2001. Kebohongan Demokrasi. Yogyakarta: Wacana dan Istiwa. Zainuddin, A.Rahman. 1992. Kekuasaan dan Negara, Pemikiran Politik Ibnu Khaldun. Jakarta: Gramedia.(Footnotes) 1A. Rahman Zainuddin, Kekuasaan dan Negara, Pemikiran Politik Ibnu Khaldun . (Jakarta: Gramedia, l992), hlm. 5-8. 2 Ibid ., hlm. 9; Bandingkan dengan Deliar Noer, Pengantar ke Pemikiran Politik . (Jakarta: Rajawali Pers, l983), hlm. 57. 3 Lihat dalam Jurnal Ilmu Politik , AIPI-LIPI dan Gramedia . (Jakarta: No.7/l990), hlm. ll. 4 Ibid ., hlm. 12. 5 Ibid., hlm. 16. 6 Franz Magnis-Suseno, Etika Politik, Prinsip-prinsip Moral Dasar Kenegaraan Modern . (Jakarta: Gramedia, 1994), hlm. x. 7 Ibid, hlm. xiii. 8 Ibid, hlm.2. 9 Ibid , hlm.3. 10 Ibid, hlm. 2-11 Ibid, hlm. 4. Etika politik merupakan filsafat moral tentang dimensi politis kehidupan manusia (hlm. 8). 12 Ibid, hlm. 5. 13 Ibid, hlm. 5-6 (Hanya ada satu cara untuk mengelak dari perangkap ideologis: m embuka posisi-posisi, pengandaianpengandaian, dan argumentasi-argumentasinya tanpa syarat terhadap tuntutan pertanggungjawaban atas dasar kebenaran, berterus-terang tentang implikasi-implikasinya dan terbuka terhadap kritik. Yang ideologis bukanlah adanya pengandaianpengandaian – setiap ilmu membutuhkannya - melainkan kalau pengandaian-pengandaian itu ditutup-tutupi atau diimunisasikan terhadap kritik). 14 Ibid, h lm . 6. 15 Ibid, hlm. 6. 16 Ibid, hlm. 12. 17 Ihsan Ali Fauzi (ed.), Refleksi Pembaharuan Pemikiran Islam, 70 Tahun Harun Nasution . ( Jakarta: LSAF, l989), hlm. iii. 18Bandingkan dengan Mohammed Arkoun, “Islamic Studies: Methodologies” dalam John L. Esposito (eds.), The Oxford Encyclopedia of The Modern Islamic World II . (New York: Oxford University Press, l995), hlm. 338. 19 Mohammed Arkoun, Rethinking Islam: Common Questions, Uncommon Answers(Boulder: westview,1994), hlm. l95. 20 Bandingkan dengan Fazlur Rahman, Islamic Methodology in History . (Karachi: Central Institute of Islamic Research, 1965), hlm. 5. 21 Mohammed Arkoun, Nalar Islami dan Nalar Modern: Berbagai Tantangan dan Jalan Baru, terj. Rahayu S. Hidayat. (Jakarta: INIS, l994), hlm. 210-224. 22Leonard Binder, “Mohammed Arkoun: Islamic Structuralism”, dalam bukunya Islamic Liberalism: A Critique of Development Ideologies . (Chicago: The University of Chicago Press, 1988), hlm. 161-169. 23Mohammad Nasir Tamara, “Mohammed Arkoun dan Islamologi Terapan”, dalam Ulumul Qur ’an, No.3, Vol. 1, l989/l410, hlm. 45-51. Untuk melihat aplikasi dari Islamologi Terapan Arkoun ini, lihat Baedhowi, “Islamologi Terapan dan Problema Aplikasinya (Mengkaji Pemikiran M. Arkoun)”, al-Jamiah, Vol.41 No.1, 2003. 24 Lihat pengantar Amin Abdullah dalam Mohammed Arkoun, Membongkar Wacana Hegemonik dalam Islam dan Post Modernisme (Surabaya: al-Fikr, 1999) , hlm. iii-xvi. Bandingkan dengan, Didin Saefuddin, Pemikiran Modern dan Postmodern Islam, Biografi Intelektual 17 Tokoh(Jakarta: Grasindo, 2003), hlm. 170-184. Beberapa riset lainnya: Muhammad Azhar, “Dasardasar Epistemologis Pemikiran Mohammed Arkoun dan Implikasinya di Indonesia” dalam Epistemologi dan Refleksi Pemikiran Islam Kontemporer (Yogyakarta: Trans Media, 2002), hlm. 51-74. Arif Maftuhin, “Dari Nalar Ushuli Ke Nalar Interdisiplin: Studi Atas Implikasi Kritik Nalar Islami Mohammed Arkoun”, Hermeneia, Pascasarjana UIN Yogya, Vol.3 No.1 Januari- Juni 2004, hlm. 104-124. 25 Lihat jurnal ilmiah, Islamia, Tahun I No.4/Januari-Maret 2005, hlm. 61-70. 26 Diterbitkan oleh Bentang, Yogyakarta, 2000, hlm. 211-212. Lihat pula riset lainnya, Sholihin, “Kritik Epistemologi Mohammed Arkoun terhadap Pemikiran Islam, Implikasi bagi Keberagamaan Islam Masa Depan .” Tesis (IAIN Yogya, 2000). Tentang humanisme Arkoun, lihat Baedowi, “Humanisme Islam: Mengkaji Pemikiran Mohammed Arkoun.” Tesis (IAIN Yogya, 2004). 27Abdul Kabir Hussain Solihu, Historicist Approach to the Qur ’an, Kulliyah of Islamic Revealed Knowledge and Human Sciences, Malaysia: 2000. Lihat kutipan dalam Islamia, Tahun I No.2, Juni-Agustus 2004, hlm. 26. Lihat juga, Irfan A.N., “Hermeneutika al-Qur ’an: Kajian Metodologi Penafsiran Mohammed Arkoun.” Tesis (IAIN Yogya, 2002) . Untuk studi komparatif kajian al-Qur ’an antara Arkoun dan Nasr Hamid Abu Zaid, dapat dilihat, Hendar Riyadi, “Kritik Epistemologi Al- Quran Model M. Arkoun dan Nasr Hamid Abu Zaid” dalam Tafsir Emansipatoris(Bandung: Setia, 2003), hlm. 223-234. Lihat juga, Abd. A ’la, “Kontekstualisasi Universalitas Bahasa al- Qur ’an: Tawaran Arkoun tentang Interpretasi Makna dan Nilai al-Qur ’an ke Dalam Kehidupan”, Akademika, Vol.14 No.2, Maret 2004. Dadan Rusmana, “Interpretasi Semiotika Mohammed Arkoun”, Lihat jurnal ilmiah, Khazanah, Vol.I No.6/Juli-Desember 2004, hlm. 1031-1061. 28 Diterbitkan oleh LKiS Yogyakarta, l996. Untuk melihat sejauhmana pengaruh pemikiran Arkoun terhadap sarjana Muslim Indonesia, dapat dilihat dalam, Malki Ahmad Nasir, “Indonesian Scholars ’ Reception of Arkoun ’s Thought”, Khazanah, Vol.I No.6/Juli-Desember 2004, hlm. 1175-1223. 29 Dagobert D. Runes (ed.), Dictionary of Philosophy . (New Jersey, Totowa: Littlefield, Adams & Co, l97l), hlm. 98. 30 Paul Edwards (ed.), The Encyclopedia of Philosophy , Reprinted Edition Vol. 3 . (New York: Macmillan Publishing Co., Inc. and The Press, l972), hlm. 81-82. 31 Amien Rais, Cakrawala Islam, Antara Cita dan Fakta . (Bandung: Mizan, 1987), hlm. 187-188; Abu al-A ’la al-Maududi, Tafh )m al-Qur ’ãn, vol.II .(Lahore: 1951), hlm. 343; Rasyid Ridha, al-Khilãfah au al-Imãmah al- ‘Uzhmã . (Kairo: al-Manar, 1341 H), hlm. 73. 32 Ali Abd. Raziq, al-Islãm wa Ush il al-Hukm . (Kairo: Mathba ’ah Misra Syirkah Musahamah Mishriyyah, 1925), hlm. 14. 33 Fazlur Rahman, Major Themes of the Qur ’an . (Chicago: Bibliotheca Islamica, 1980), hlm. 62. Pemikiran Politik Haikal ini juga telah ditulis dalam bentuk disertasi oleh Musdah Mulia, Negara Islam, Pemikiran Politik Husain Haikal . (Jakarta: Paramadina, 2001). 34 Al- ‘Asymawi, pemikir Mesir kontemporer yang banyak berbicara di bidang hukum Islam. Al- ‘Asymawy sering berhadapan dengan kelompok yang melakukan politicizing Islam, karena al- ‘Asymawy dikategorikan sebagai pemikir Muslim inklusif. Lihat, Carolyn Fluehr-Lobban (ed.), Against Islamic Exterimism . (USA: University Press of Florida, 1998), hlm. ix. 35Lihat juga R.S. Khare, Perspectives on Islamic Law, Justice, and Society . (New York-Oxford: Rowman & Littlefield Publishers, Inc., 1999), hlm. 7. 36 Carolyn-Fluehr-Lobban (ed), Against, hlm. 5. 37 Ibid., hlm. ix, 4. 38 Ibid., hlm. 4-5. 39 Ibid., hlm. 5. 40 Ibid., hlm. 5-6. 41 Ibid. 42 Ulasan lebih lanjut tentang tentang metode dekonstruksi ala Derrida ini dapat dilihat dalam disertasi ini pada, hlm. 64. Lihat juga Basis , No.11-12, th. Ke-54, November-Desember 2005 dan No.11-12, th. Ke-56, November-Desember 2007. 43 Carolyn Fluehr-Lobban (ed.), Against Islamic Exterimism, hlm. 5 dan 17. Uraian lebih lanjut dapat dilihat pada hlm. 97 & 125 dalam disertasi ini. 44 Riceour yang mengemukakan tentang otonomi tindakan ini, dapat dilihat dalam, Paul Ricoeur, “The Model of Text, Meaningful Action Considered as Text,” dalam Hermeneutics and Human Sciences, trans. & ed. John B. Thompson (Cambridge:Cambridge University Press, 1982), hlm. 203-208. Lihat juga, Haryatmoko, Etika Politik dan Kekuasaan . (Jakarta: Kompas, 2003), hlm. 17, 44-45. 45 Paul Ricoeur, “ The Model of Text , .. hlm. 203. 46 Lihat Haryatmoko, Etika Politik dan Kekuasaan, hlm. 16-17 dan 26-27. Lihat juga, E. Sumaryono, Hermeneutik, Sebuah Metode Filsafat . (Yogyakarta: Kanisius, 1993), hlm. 101. 47 Paul Ricoeur, “The Model of Text, hlm. 203- 208. 48 Ibid. 49 Anthony Giddens, The Constitution of Society: The Outline of the Theory of Structuration Theory . (t.tp., Polity Press Cambridge-UK, 1995). 50 Anthony Giddens, New Rules of Sociological Method : A Positive Critique of Interpretative Sociologies . (London: Hutchinson & Co Publishers Ltd., 1976), hlm. 122. 51 Anthony Giddens, The Constitution of Society, 1984, hlm. 29 dan 196. Lihat juga Haryatmoko, Etika Politik dan Kekuasaan , hlm. 39. Lebih lanjut tentang Giddens penulis uraikan dalam bab II. 29 Bandingkan Mahmoud M. Ayoub, The Crisis of Muslim History: Religion and Politics in Early Islam(Oxford, England: Oneworld Publications, 2003). 30 Bandingkan dengan pemikiran Kuntowijoyo tentang Obyektivikasi Islam perlu diterjemahkan ke dalam wacana pemikiran politik Islam kontemporer. Lihat Kuntowijoyo, Islam sebagai Ilmu . (Bandung: Teraju-Mizan, 2004). 31 Pancasila merupakan lima dasar yang satu sama lain genap-menggenapkan, isi-mengisi, menuju terlaksananya di dalam alam Indonesia segala yang benar, yang adil, yang baik, kebahagiaan dan kesejahteraan, diliputi oleh suasana persaudaraan. Lihat, Mohammad Hatta, “Tanggung jawab Moral Kaum Inteligensia”, dalam Aswab Mahasin dan Ismet Natsir, Cendekiawan dan Politik (Jakarta: LP3ES, 1984), hlm. 9. 32 Bandingkan dengan Francis Fukuyama, The Great Disruption, Human Nature and the Reconstitution of Social Order . (New York: Touchstone Rockefeller Center 1230 Avenue of the American, 2000), hlm. 188-189. 33An onim, “ Demokrasi dan Proses Politik” . (Jakarta: LP3ES, 1986), hlm. Ix. 34 Ibid. , hlm. ix-xi. 35 Abdul Karim Soroush, Menggugat Tradisi dan Otoritas Agama, Bandung . (Bandung: Mizan, 2000), hlm.195. 36Muhammad Azhar, Filsafat Politik, Perbandingan antara Islam dan Barat . (Jakarta: Rajawali Pers, 1996), hlm. 58-62. Adapun tentang perkembangan demokrasi di Indonesia dapat dilihat dalam harianKompas , 13 Agustus 2010, hlm.1-15. Tentang berbagai bentuk kebohongan dalam konsep demokrasi, baca Paul Treanur, Kebohongan Demokrasi . (Yogyakarta: Wacana dan Istiwa, 2001). Lihat juga ulasan tentang kelebihan demokrasi dibanding sistem yang otoriter, ada 38 item; dalam karya Richard M. (ed.), Demokrasi Sebuah Pengantar . (Yogyakarta: Niagara, 2004), hlm. 313-339. 37 Abdul Karim Soroush, Menggugat Tradisi … hlm. 200 38 Ibid. , hlm. 178. 39 Ibid., 40 Ibid., hlm. 178-182. 41 Ibid., hlm. 185. 42 Seperti kasus budak ( human trafficking ) yang kontekstual, dihadapi oleh al-Quran untuk dipungkasi secara bertahap. Lihat Abdul Karim Soroush, Menggugat Tradisi … , hlm.186. 43Anthony Giddens, New Rules of Sociological Method : A Positive Ciritique of Interpretative Sociologies . (London: Hutchinson & Co (Publishers) Ltd., 1976), hlm. 122. 44 Anthony, The Constitution of Society,The Outline of the Theory of Struction Theory . (t .tp.: Polity Press Cambridge-UK, 1984), hlm. 43-46. 45 Bandingkan dengan Arkoun, Nalar Islami dan Nalar Modern . (Jakarta: INIS, 1994), hlm. 229-231. 46 Lihat Mokhtar Pabottingi, Potret Politik Kaum Muslim di Perancis dan Kanada . (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008). P aling tidak ada lima faktor terkait relasi muslim dengan dunia Barat, yaitu: proksimitas keberadaan, panjangnya durasi interaksi atau perbenturan, tebalnya rasa superioritas pada diri kolektif masingmasing, serta tumpang tindih kepentingan antara Barat, khususnya Dunia Kristen, dengan Dunia Muslim. Jadi di sini ada problem dimensi kesejarahan, keagamaan, politik, e konomi, kebudayaan dan kejiwaan . 47 Bandingkan dengan Patricia Crone & Martin Hinds, God ’s Caliph, Religious Authority in the First Centuries of Islam . (Cambidge: Cambridge University Press, 1986). Lihat pula wawancara dengan Ismail Yusanto, Imam (Sekjen) Hizbut-Tahrir Indonesia, “Berdirinya Khilafah Islamiyah Tidak Utopis” dalam majalah Madina, No.11, Th.I, November 2008, hlm. 24-28. Lihat pula tanggapan terhadap wawancara ini pada majalah yang sama dengan judul “Catatan Kritis buat Kaum Islamis”, hlm. 30-32. Menurut penulis, diibaratkan, Hizbut Tahrir sebenarnya sedang berjualan barang dagangan antik yang namanya “khilafah”. Barang dagangan ini tentu akan sulit dipasarkan secara luas – namanya saja dagangan barang antik – kecuali hanya laku dijual untuk kalangan penggemar “khilafah” yang terbatas (anggota dan simpatisan Hizbut Tahrir).48 Lihat pembahasannya dalam disertasi ini pada Bab V. Bandingkan dengan Haryatmoko, Etika Politik dan Kekuasaan . (Jakarta: Kompas, 2003), hlm. 54, 61. 49 Patricia Crone & Martin Hinds, God ’s Caliph , 1986. Bandingkan juga dengan Khalil Abdul Karim, Negara Madinah. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008). 50 Uraian lebih lengkap tentang fenomena sultan ini dapat dilihat dalam, C.E. Bosworth, The Islamic Dynasties . (Edinburgh: Edinburgh University Press, 1980). Lihat juga Antony Black, Pemikiran Politik Islam, Dari Masa Nabi Hingga Masa Kini . (Jakarta: PT Serambi Ilmu Semesta, 2006), hlm. 419 . 51 Bila abad 18-20, para pembaharu Islam baru tahap mengkritisi produk khazanah lama Islam yang terkait dengan purifikasi Islam seperti gerakan Wahaby, pembaharuan sistem pendidikan dan keilmuan Islam model Abduh, maupun persatuan umat dan politik Islam ala al-Afghani, dengan segala variannya. Maka, pemikir Islam abad 21 seperti Arkoun dan lain-lain, memasuki tahapan membangun paradigma baru (epistemologi) pemikiran Islam. Maka generasi sesudah Arkoun akan fokus pada perumusan teori dan aplikasinya ke dalam masyarakat muslim. Hasil produk pemikiran ini tentu bermanfaat bagi umat Islam dan juga para Islamisis (baca: orientalis) di Barat, sebagai input penyeimbang bagi literatur yang berlimpah baik yang berasal dari Timur Tengah maupun Barat. Maka karya-karya para doktor baru yang lahir dari rahim UIN sebagai barisanlasykar mujtahid , saatnya diterjemahkan ke dalam bahasa Arab dan Inggris, syukur-syukur bisa diterjemahkan ke dalam semua bahasa keilmuan yang ada di dunia. 52 Bandingkan dengan Taufik Adnan Amal, Rekonstruksi Sejarah al-Qur ’an (Yogyakarta: FKBA, 2001). | en_US |