Show simple item record

dc.contributor.authorJinan, Mutohharun
dc.date.accessioned2012-12-10T04:08:25Z
dc.date.available2012-12-10T04:08:25Z
dc.date.issued2011-05
dc.identifier.citationAzra, Azyumardi, Islam Reformis: Dinamika Intelektual dan Gerakan, (Jakarta: Rajawali Press, 1999). _______, Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta: Logos, 1999). Bruinessen, Martin van, Kitab Kuning Pesantren dan Tarekat, (Bandung: Mizan 1995). _______, Kitab Kuning: Book in Arabic a Script in the Pesantren Millieu, (BKI, 1990). Dawam Rahardjo, Intelektual Inteligensia dan Perilaku Politik Bangsa: risalah Cendekiawan Mulism, (Bandung:Mizan, 1999). Issa J. Boulatta, Trends and Issues in Contemporary Arab Thought, (Albany: State University of New York, 1990). Karl Steenbrink, Pesantren Madrasah dan Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, (Jakarta: LP3ES, 1986). Khaled Abou El- Fadl, Musyawarah Buku (Jakarta: Serambi, 2002). Komarudin Hidayat, Wahyu di Langit Wahyu di Bumi, (Jakarta: Paramadina, 2003) Kuntowijoyo, Muslim Tanpa Masjid, (Bandung: Mizan, 2001) _______, Paradigma Islam Reinterpretasi untuk Aksi, (Bandung: Mizan, 1993). Maksun, Madrasah: Sejarah dan Perkembangannya, (Jakarta: Logos, 1999). Malik Fajar, Madrasah dan Tantangan Modernitas, (Bandung Mizan: 1999). Nasution, Harun, Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran, (Bandung: Mizan, 1998). Rahman, Fazlur, Islam dan Modernitas, tentang Transformasi Intelektual, (Bandung: Pustakan 1991). Robert W. Hefner, “Islamisasi Kapitalisme: Tentang Pembentukan Bank Islam Pertama di Indonesia”, dalam Jalan Baru Islam: Memetakan Paradigma Mutakhir Islam Indonesia, Mark R. Woodward (ed.), (Bandung Mizan, 1998). Rozenthal, Franz, Etika Kesarjanaan Muslim, (Bandung: Mizan, 1999). Zamahsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kyai, (Jakarta: LP3ES, 1982).en_US
dc.identifier.issn0852-368X
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2257
dc.description.abstractTransformasi intelektualisme Islam Indonesia kontemporer bergerak menuju arah yang benar dan sangat membanggakan. Hal ini bisa dilihat dari dua aspek utama intelektualisme, yaitu penerbitan bukubuku dan pendidikan. Perkembangan perbukuan Islam ditandai dengan semakin bertambahnya penerbitan buku, baik secara kualitas maupun kuantitas, penulis-penulis muslim yang makin berkualitas, tema-tema kajian yang makin beragam. Perkembangan pendidikan ditandai dengan berdirinya sekolah-sekolah integratif, besarnya minat kaum muslim pada pesantren, dan meningkatnya kajian Islam.en_US
dc.publisherlppmumsen_US
dc.subjectTransformasien_US
dc.subjectIntelektualismeen_US
dc.subjectPerbukuanen_US
dc.subjectPendidikanen_US
dc.titleTRANSFORMASI INTELEKTUALISME ISLAM: Telaah atas Perbukuan dan Kependidikan Kontemporeren_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record