Show simple item record

dc.contributor.authorWardani
dc.date.accessioned2012-12-10T08:34:00Z
dc.date.available2012-12-10T08:34:00Z
dc.date.issued2009-01
dc.identifier.citation‘Abduh, Muhammad dan Ridhâ, Rasyîd. 1947. Tafsîr al-Qur`ân al-Hakîm juz 4 (al-Manâr). Kairo: Tp. Al-‘Asqalânî, Ibn Hajar. t.th. Fath al-Bârî, bab al-washâh bi al-nisâ`. al-maktabat al-syâmilah. Al-Biqâ’î. t.th. Nazhm al-Durar. Cairo: Dâr al-Kitâb al-Islâmî. Al-Marâghî, Ahmad Mushthafâ. 1946. Tafsîr al-Marâghî juz 4. Mesir: Mathba’at Mushthafâ al-Bâbî al-Halabî wa Awlâdih. al-Thabâthabâ‘î. t.th. al-Mîzân fî Tafsîr al-Qur‘ân juz 4. Teheran: Dâr al-Kutub al- Islâmiyyah.Amin, Muhammadiyah dan Kusmana. 2004. “Purposive Exegesis: A Study of Quraish Shihab’s Themetic Interpretation of the Qur’an, dalam Abdullah Saeed (ed.), Approaches to the Qur’an in Contemporary Indonesia (Oxford: The Institute of Isma’ili Studies. Anshori. 2006. “Penafsiran Ayat-ayat Jender dalam Tafsir al-Mishbah”. Disertasi Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Anwar, Hamdani. 2002. “Telaah Kritis terhadap Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab”, dalam Mimbar Agama dan Budaya, Vol. XIX, No. 2. Arifin, Tajul. 1996. Kajian al-Qur’an di Indonesia: dari Mahmud Yunus Hingga Quraish Shihab. Bandung: Mizan. Bulletin PSQ, Edisi 01, September 2004. H. Johns, Anthony. 1984. “Islam in the Malay World: An Exploratory Survei with Some Reference to Quranic Exegesis”, dalam Islam in Asia, Volume II: Southeast and East Asia, edited by Raphael Israeli and Anthony H. Johns. Jerusalem: The Magnes Press, The Hebrew University. _______. 1988. “Quranic Exegesis in the Malay World: In Serach of Profile”, dalam Andrew Rippin (ed.), Approaches to the History of the Interpretation of the Qur`ân. Oxford: Clarendon Press. _______. 2006. “Quranic Exegesis in the Malay-Indonesian World: An Introduction Survei”, dalam Abdullah Saeed (ed.), Approaches to the Qur’an in Contemporary Indonesia New York: Oxford University Press. Ibn Katsîr, Tafsîr al-Qur’ân al-‘Adlîm I. Kusmana. 2002. “Prof. Dr. H. M. Quraish Shihab, MA. Membangun Citra Institusi”, dalam Badri Yatim dan Hamid Nasuhi (ed.), Membangun Pusat Keunggulan Studi Islam: Sejarah dan Profil Pimpinan IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta 1957-2002. Jakarta: IAIN Jakarta Press. Mustafa P. 2001. “Corak Pemikiran Kalam M. Quraish Shihab (1984-1999)”, thesis Program Pascasarjana IAIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Nisa, Eva Fahrun. 2004. “Non-muslims in the Qur’an: A Critical Study on the Concept of Non-muslims in Tafsir al-Mishbah of Muhammad Quraish Shihab”. thesis Leiden University, the NetherlandsRiddell, Peter G.. 1997. “Religious Links Between Hadhramaut and the Malay- Indonesian World, c. 1850 to c. 1950”, dalam Hadrami Traders, Scholars, and Statesmen in the Indian Ocean 1750s-1960s. Leiden: Brill. Shihab, Alwi. 1999. Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama .Bandung: Mizan. Shihab, M. Quraish. 1995. “Membumikan” al-Qur’an: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan. _______. 1995. Membumikan” al-Qur’an. Bandung: Mizan. _______. 1997. Wawasan al-Qur’an. Bandung: Mizan. _______. 2000. Tafsir al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. _______. 2007. Perempuan: Dari Cinta Sampai Seks, Dari Nikah Mut’ah Sampai Nikah Sunnah, Dari Bias Lama Sampai Bias Baru. Jakarta: Lentera Hati. Subhan, Arief. 1993. “Menyatukan Kembali al-Qur’an dan Ummat: Menguak Pemikiran M. Quraish Shihab”, dalam Jurnal Ulumul Qur’an, No. 5, vol. IV.en_US
dc.identifier.issn1412-5722
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2279
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis penafsiran M. Quraish Shihab terhadap kontroversi yang berkembang di kalangan ulama klasik dan kontemporer tentang isu sensitif dalam diskursus feminisme, yaitu proses kejadian perempuan. Di kalangan ulama klasik, telah terbentuk mainstream penafsiran bahwa perempuan diciptakan dari tulang rusuk, suatu penafsiran literal dan menekankan proses kejadian fisik yang kemudian berimplikasi posisi subordinat mereka dibandingkan pria. Sedangkan di kalangan ulama kontemporer, penafsiran bersifat metafor dan menekankan psikologi perempuan ketimbang kejadian fisik sesungguhnya. Telaah ini di samping menjelaskan argumen-argumen penafsiran, juga bertujuan memposisikan penafsirannya dalam perdebatan penafsiran klasik dan kontemporer tersebut.en_US
dc.publisherLPPM UMSen_US
dc.subjectpenafsiranen_US
dc.subjecttafsir klasiken_US
dc.subjecttafsir kontemporeren_US
dc.subjectnafs wahidahen_US
dc.titleKONTROVERSI PENAFSIRAN TENTANG PENCIPTAAN PEREMPUAN DALAM AL-QUR‘AN: Analisis terhadap Penafsiran M. Quraish Shihaben_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record