Show simple item record

dc.contributor.authorMarkhamah
dc.contributor.authorNgalim, Abdul
dc.contributor.authorBasri, Muhammad Muinudinillah
dc.date.accessioned2013-01-15T07:05:34Z
dc.date.available2013-01-15T07:05:34Z
dc.date.issued2011-10
dc.identifier.citationAsikin, Mohammad. 2003. “Peningkatan Keefektifan Pembelajaran Pembuktian Matemamtika Melalui Model Belajar Perubahan Konseptual dengan CLS (Cooperative Learning Strategies). Dalam Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. XIX, No. 2. 2003. Hal. 112-126. Astuti, Siti Irene. 2007. ”Desentralisasi Pendidikan dan Ketimpangan Mutu papda Tingkat Satuan Pendidikan”. Makalah Simposium Nasional 2007. Jakarta 26-27 Juli 2007. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Astuti, Mary, Aisah Indati, dan Siti Harti Sastriyani. 1999. “Bias Gender dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia”. Dalam Jurnal Gender. Vol. 1, No. 1, Juli. Astuti, Puji. 1998. “Peran Wanita dalam Kesenian Minangkabau: Suatu Kajian Jender”. Makalah Simposium Internsional Ilmu-ilmu Humaniora di Yogyakarta. Aziz, Erwati. 2002. “Isteri dalam Perspektif Al Quran”. Dalam Relasi Gender Dalam Islam. Surakarta: Pusat Studi Wanita STAIN Surakarta Press. Azkiyah, Nurul. 2002. ”Keterkaitan Pendidikan Formal Perempuan dan Dunia Pembangunan”. Dalam Jurnal Perempuan. No. 23. Mei. Hal. 7-17 Azwar, Syaifudin,. 2001. Sikap Manusia. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Bimo Walgito, 2002. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta :Andi Dewa Ketut Sukardi, 1997, Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah, Ghalia Indonesia, Jakarta. Cameron, Deborah. 1993. Feminism & Linguistics Theory, Second Edition. London: The Macmillan Press Ltd. Chusniyatun dan Markhamah. 2003. Gender dalam Terjemahan Ayat-ayat Quran tentangLaki-laki dan Perempuan. Surakarta: Laporan Penelitian atas Biaya DP3M, DirjenDIKTI, tahun 2003. Dardjowidjojo, Soenjono. 2002. “Nasib Wanita dalam Cerminan Bahasa”. Sumijati, As., Suhartono, Marsono, I Dewa Putuwijana (ed.) Integrasi, Moral Bangsa, dan Perubahan. Yogayakarta: Devisi Penerbitan, Unit Pengkajian dan Pengembangan Fakultas Ilmu Budaya, UGM. Darmosoetopo, Riboet. 1998. “Ideologi Gender dalam Perubahan Sosial”. Makalah Simposium Internsional Ilmu-ilmu Humaniora di Yogyakarta. Departemen Pendidikan Nasional, Pusat Perbukuan. 2003. Kebijakan Perbukuan Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Departemen Pendidikan Nasional. 2003. “Materi Sosialisasi Pengarusutamaan Gender Bidang Pendidikan. Materi Workshop Capacity Building Stakeholder Pendidikan di Kusuma Sahid 2o-22 Oktober. Engineer, Asghar Ali. 2002. ”Ïslam And Poligamy”. Dalam Musyawa: Jurnal Studi Gender dan Islam. Vol. 1 No. 1 Maret. Hal.27-39. Faisal, Abdullah, 2002. “ Konsep Wawwam di Dalam Alquran (Sebuah Pendekatan Teori Medan Makna). Dalam Relasi Jender dalam Islam. Surakarta: Pusat Studi Wanita STAIN Surakarta. Fakih, Mansoer. 1996. “Analisis Gender & Transformasi Sosial”. Yogyakarta Pustaka Pelajar. _________.1999. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Dalam Jurnal Perempuan. No. 26. Goddard Angela dan Lindsey Mean Petterson. 2000. “Lenguage and Gender”. Lomdon and New York: Routledge. Handayani, Trisakti dan Sugiarti. 2002. Konsep dan Teknik Penelitian Gender. Malang: UMM Press. Harder, Nelly van Doorn. 1999. “Perempuan di Mesir: Perspektif Budaya dan Agama”. Dalam Syafiq Hasyim Menakar “Harga” Perempuan: Eksplorasi Lanjut atas Hak-Hak Reproduksi Perempuan dalam Islam. Harsoyo, Eni Harmayani, dan Any Suryantini. 1999. “Dampak Pembangunan Pertanian terhadap Marginalisasi Tenaga Kerja Wanita: Kasus Usaha Tani Salak di Kabupaten Sleman”. Dalam Jurnal Gender. Vol. 1, No. 1, Juli. Hayati, Chusnul. 1996. ”Perjuangan Wanita Jawa Tengah dalam Pergerakan Nasional 1900-1945”. Dalam Lembaran Sastra No. 19. hal 45-59. Hayati, Elly Nur. 2002. “… Jangan Pojokkan Perempuan Korban Kekerasan”. Dalam Jurnal Perempuan. No. 26. Jandra, Mifedwil. 2000. “Islam dan Budaya Lokal”. Dalam Profetika. Vol. 2, No. 2, Juli 2000. Kalibonso, Rita Serena. 2002. “Kejahatan itu Bernama Kekerasan dalam Rumah Tangga”. Dalam Jurnal Perempuan. No. 26. Kartodirjo, Suyatno, 1998. “Wanita dalam Kebudayan Priyayi: Kajian Sejarah Gender”. Makalah Simposium Internasional Ilmu-ilmu Humaniora di Yogyakarta. Khadim Al Hamain asy Syarifain (Pelayan kedua Tanah Suci) Fahd ibn ‘Abd Al ‘Aziz Al Sa’ud, Raja Kerajaan Arabia. Tanpa tahun. Al Quran dan Terjemahannya. Khilmiyah. Akif. 2000. “Ketidakadilan Gender dalam Rumah Tangga Keluarga Muslim”. Dalam Profetika: Jurnal Studi Islam. Vol. 2, No.1 Januari Mahmudah. 2001. ”Citra Perempuan dalam Media Masa: Upaya Peneyetaraan Gender”. Manusia dan Dinamika Budaya. Yogyakarta: Fakultas Sastra Bigraf Publishing. Markhamah. 2002. ”Jender dalam Tradisi Selamatan pada Masyarakat Keturunan Cina di Surakarta. Laporan Penelitian Yang Dibiayai oleh DP4M, Dirjen Dikti. Maslamah. 2002. “Feminisme dalam Al Quran”. Dalam Relasi Gender Dalam Islam. Surakarta: Pusat Studi Wanita STAIN Surakarta Press. Markhamah. 2003a. “Gender dalam Terjemahan Ayat-ayat Quran tentang lakilaki dan Perempuan” , Profetika, Desember 2003. Markhamah. 2003b. “Bias Gender dalam Buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama”, Jurnal Penelitian Humanioran Vo. 4, N0. 2, 2003 Markhamah. 2003c . “Persamaan Laki-laki dan Perempuan dalam Quran tentang Laki-laki dan Perempuan”, Seminar Nasional Hasil Penelitian, Diadakan Balitbang Jateng, Desember 2003. Markhamah, dkk. 2006. Persepsi Pengambil Kebijakan dan Guru terhadap Pengembangan Model Materi Ajar dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SLTP Berperspektif Kesetaraan Gender. Dalam Jurnal Penelitian Humaniora (Terakreditasi) Vol 7. No. 1 tahun 2006 Markhamah dan Srawiji Suwandi. 2006. “Persepsi Pengambil Kebijakan dan Guru terhadap Pengembangan Model Materi Ajar dan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SLTP Berperspektif Kesetaraan Gender”. Dalam Jurnal Penelitian Humaniora (Terakreditasi) Vol 7. No. 1 tahun 2006. Markhamah dan Atiqa Sabardila. 2009. Analisis Kesalahan dan Kesantunan Berbahasa. Surakarta: Muhammadiyah University Press. Markhamah dan Atiqa Sabardila. 2010. Sintaksis 2: Keselarasan Fungsi, Kategori, dan Peran pada Klausa. Surakarta: Muhammadiyah University Press Mosse, Yulia Cleves. 1996. Gender dan Pembangunan. Yogyakarta: Rifka Annisa Women’s Cricis Centre dengan Pustaka Pelajar. Muthaliin, Achmad. 2001. Bias Gender dalam Pendidikan. Surakarta:Muhammadiyah University Press. Nasution, Khoiruddin. 2002. ” Perdebatan Sekitar Status Poligami: Ditinjau dari Perspektif Syariah Islam”. Dalam Musyawa: Jurnal Studi Gender dan Islam. Vol. 1 No. 1 Maret. Hal. 57-87. Park, Sun Ai Lee. 1995. “ Konfusianisme dan Perempuan”. Dalam Pergualatan Mencari Jati Diri. Jakarta: Interfidei Pratiwi, Restu. 1995. ”Wanita pada Masa Tradisional Cina”. Dalam Pergulatan Mencari Jati Diri. Jakarta: Interfidei bersama Matakin. Putra, Hedy Shri Ahimsa. 2002. ”Gender dan Pemaknaannya: Sebuah Ulasan Singkat”. Makalah Workshop Sosialisasi Gender di STAIN Surakarta. Putra, Hedy Shri Ahimsa. 2002a. ”Masalah Gender dalam Beberapa Perspektif Antropologi Budaya”. Makalah Workshop Sosialisasi Gender di STAIN Surakarta. Ratnawati, Siri Muti’ah Setyawati, dan Bambang Purwoko. 1999. “Profil Politisi Wanita di Daerah Istimewa Yogyakarta”. 1999. Dalam Jurnal Gender. Vol. 1, No. 1, Juli. Rojab, Budi. 2002. ”Pendidikan Sekolah dan Perubahan Perempuan”. Dalam Jurnal Perempuan. No. 23. Mei. Hal. 19-33. Roestiyah . NK. 1986. Masalah-masalah Ilmu Keguruan. Jakarta : Bina Aksara. Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo. Sastriyani, Hariti. 2001. “Sosialisasi Pendidikan Berprespektif Jender”. Dalam Sumiyati As (ed.) Manusia dan Dinamika Budaya: Dari kekerasan sampai Baratayuda. Yogyakarta: Fakultas Sastra UGM bekerja sama dengan Bigraf. Saussure, Ferdinand de. 1998. “Pengantar Linguistik Umum”. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Shihab, Quraish. 2003. Tafsir Al-Mishbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al Qur’an. Volume 2: Surah Ali Imron, Surah An-Nisaa. Jakarta: Lentera Hati. Stowasser, Barbara Freyer. 2001. Reinterpretasi Gender: Wanita dalam Al Quran, Hadis, dan Tafsir. Bandung Pustaka Hidayah. Sudjana, Nana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algensindo. Sugiarti. 2003. Laporan Kegiatan “Waork Shorp Bahan Ajar yang Responsif Gender”. Malang: Lembaga Penelitian, Universitas Muhammadiyah Malang. Sugiarti, 2003. Identifikasi Hasil Studi Bahan Ajar. Malang: Lembaga Penelitian, Universitas Muhammadiyah Malang. Sukardi, Dewa Ketut Sukardi, 1997, Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah, Ghalia Indonesia, Jakarta Sukmadjaja Asyarie-Rosy Yusuf. 1984. Indeks Al Qur’an. Jakarta: Balai Pustaka Supatra, Hendarto dan Mujid F. Amin. 1996. “Analisis Kontrastif Kata Lanang dan Wadon: Suatu Kajian Sosiosemantik untuk Mengungkap Status Wanita Jawa”. Dalam Lembaran Sastra. No. 20 tahun 1996. Suriasumantri, Jujun. 1987. Filsafat Ilmu. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan. Surono. 1996. “Pasangan Tokoh Pria dan Wanita dalam Novel Agung Sebelum Tahun 1950. Dalam Lembaran Sastra. No. 20. hal. 72-84. Tim Diknas. 2003. “Gender dan Pembangunan”. Materi Workshop Capacity Building Stakeholder Pendidikan, di Kusuma Sahid 2o-22 Oktober. Umar, Nasaruddin. 2001. Argumen Kesetaraan Jneder Perspektif Al Qur’an. Jakarta: Paramida. Wahyono, Parwati. 1998. “Upacara Tradisional Perkawinan Jawa, Wulang Putri, dan Kedudukan Wanita dalam Perubahan Sosial”. Makalah Simposium Internasional Ilmu-ilmu Humaniora di Yogyakarta. Weiner, Gaby. 2002. ”Apa yang Disebut Kurikulum?”. Dalam Jurnal Perempuan.No. 23, Mei. Hal 35-47. Widaningroem, Retno, Hery Saksono, dan Sri Kanoni. 1999. “Strategi Wanita dalam Mata Rantai Perdangan Hasil Perikanan di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Dalam Jurnal Gender. Vol. 1, No. 1, Juli.en_US
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/2460
dc.description.abstractModel pembelajaran Sintaksis di perguruan tinggi perlu diteliti karena selama ini belum penulis temukan penelitian mengenai pembelajaran sintaksis di perguruan tinggi. Penelitian mengenai model pembelajaran yang ada kebanyakan dilakukan di sekolah lanjutan atau sekolah dasar. Sementara itu, pembelajaran di perguruan tinggi mestinya juga perlu diungkap seperti apa modelnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap model pembelajaran sintaksis yang ada di perguruan tinggi di Jateng dan DIY. Sebagai objek penelitian, masing-masing diambil dua program studi Bahasa dan Sasatra Indonesia untuk perguruan tinggi di DIY, satu program studi Bahasa dan Sastra Indonesia di Jateng, dan satu program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Jateng. Cakupan model meliputi: keberadaan RPP (RMP), materi ajar, metode atau strategi yang digunakan dosen, media pembelajaran, dan evaluasinya. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan analisis dokumen. Analisis data dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan model analisis interaktif dan komparatif. Berikut simpulan hasil penelitian. Pertama, semua program studi yang diteliti memiliki Rencana pelaksanaan Perkuliahan (RPP) atau Rencana Mutu Perkuliahan (RMP), walaupun dengan nama yang berbeda dan kerincian yang bereda. Ada yang menggunakan nama silabus, ada yang menggunakan Rencana Pembelajaran Kegiatan Perkuliahan Semester atau disingkat dengan RPKPS. Isinya ada yang rinci dan ada yang tidak rinci. Kedua, mengenai materi ajar. Terdapat perbedaan materi ajar antarprogram studi, tetapi juga ada kesamaan. Salah satu kesamaannya tidak ditemukan materi ajar yang berasal dari hasil penelitian dosen yang bersangkutan. Ketiga, metode yang digunakan dosen relatif ada kemiripan antara satu program studi dengan program studi lainnya, tetapi juga terdapat perbedaan. Yang menarik, ada program studi yang menggunakan metode pembelajaran yang khas yang sangat terkait dengan ideologi perguruan tingginya. Keempat, media pembelajaran yang digunakan bervariasi antara satu program 2 studi dengan program studi. Ada yang sudah sering menggunakan multimedia, tetapi ada juga yang belum menggunakan teknologi modern seperti LCD, dan sejenisnya. Walaupun belum menggunakan teknologi modern, ada dosen menggunakan media yang bisa dipakai untuk pembelajaran dengan strategi permainan sehingga mahasiswa tidak bosan. Kelima, evaluasi yang dilaksanakan di program studi yang diteliti menunjukkan adanya perbedaan, terutama pada komponen penilaian. Ada program studi yang menggunakan UKD (ujian kompetensi dasar) dan ada juga yang menggunakan UAS (ujian akhir semester) sebagai salah satu komponen penilaian.en_US
dc.description.sponsorshipHIBAH PASCA - DIKTIen_US
dc.publisherLPPM-UMSen_US
dc.subjectmodel pembelajaranen_US
dc.subjectmateri ajaren_US
dc.subjectmetode pembelajaranen_US
dc.subjectevaluasi pembelajaranen_US
dc.subjectsintaksisen_US
dc.titlePENGEMBANGAN MODEL MATERI AJAR DAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS TERJEMAHAN ALQUR'ANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record