• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KESANTUNAN BERBAHASA DENGAN PENDEKATAN SOSIOPRAGMATIK DI LINGKUNGAN SISWA SD BERBUDAYA JAWA

    View/Open
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_bab_6.pdf (1.298Mb)
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_daftar_pustaka.pdf (1.298Mb)
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_bab_3.pdf (1.298Mb)
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_bab_2.pdf (1.297Mb)
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_bab_5.pdf (1.297Mb)
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_depan.pdf (1.467Mb)
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_bab_4.pdf (1.296Mb)
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_lampiran.pdf (1.296Mb)
    2011_hkom_harun_joko_prayitno_bab_1.pdf (1.298Mb)
    Date
    2011
    Author
    Prayitno, Harun Joko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Studi ini bertujuan untuk merumuskan taksonomi tindak kesantunan direktif di kalangan andik SD yang berlatar belakang budaya Jawa. Tujuan spesifik studi ini adalah untuk merumuskan taksonomi dan pola semestaan realisasi tindak kesantunan direktif andik SD dalam hubungannya dengan prinsip dasar berbahasa PKS dan PSS; prinsip harmoni sosial PI dan PK. Objek penelitian ini adalah skala kelangsungan dan peringkat tindak kesantunandirektif dalam kaitannya PKS, PSS, prinsip harmoni sosial PI, PK, dn prinsip kultural budaya Jawa. Sumber data penelitian meliputi keseluruhan aktivitas berbahasa andik SD yang direfleksikan oleh guru kelas SD melalui FGD, baik dalam suasana formal maupun nonformal. Data penelitian berupa skala kelangsungan dan peringkat kesantunan pertuturan menurut PKS, PSS, PI, PK, dan Pk. Interpretasi perwujudan tindak kesantunan direktif dilakukan dengan kerja analisis pragmatik yang mengacu pada analisis heuristik model Grice, skala kelangsungan dan peringkat kesantunan model Brown‐Levinson. Hasil studi ini menunjukkan bahwa (1) perwujudan tindak kesantunan direktif (TKD) di kalangan andik SD berlatar belakang budaya Jawa berkecenderungan diwujudkan melaui tipe menyuruh pada kategori memerintah dan tipe meminta pada kategori memohon. Temuan ini menggambarkah bahwa sesuai dengan kodratnya sebagai anak pada dasarnya masih memerlukan suri tauladan dari orang tuanya di rumah, gurunya di sekolah, dan panutannya sebagai yang difigurkan atau ditokohkan di lingkungan masyarakatnya masingmasing. (2) realisasi TKD di kalangan andik SD berlatar belakang budaya Jawa berkecenderungan dinyatakan dengan cara‐cara tak langsung dan modus‐modus nonliteral daripada dengan cara‐cara langsung atau modus literal. Realisasi ini menggambarkan bahwa andik SD pada hakikatnya masih dalam masa perkembangan mental lingual sehingga masih memerlukan bimbingan yang bernilai positif, santun, dan berkarakter dari orang tua, guru, dan lingkungan masyarakatnya masing‐masing dalam hal berbahasa serta bertindak tutur. (3) Skala tindak kesntunan direktif di kalangan andik SD berlatar belakang budaya Jawa lebih dibangun dengan skala untungrugi dan langsung‐tak langsung sehingga kurang menjangkau pada hal‐hal yang bernilai skala pilihan atau opsional. Temuan ini berarti andik SD saat ini memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap orang tua, guru, dan lingkungan sekolah sehingga keberanian di dalam menentukan pilihan dan keputusan menjadi modal yang sangat minim dimiliki bagi andik SD. (4) Prinsip harmoni sosial dan rukun sebagai prinsip kultural yang digunakan oleh andik SD berlatar belakang budaya Jawa memiliki keterbtasan berinterelasi pada bidal‐bidal kesantunan masyarakat Jawa, yaitu kurmat ’hormat’, andhap asor ’rendah hati’, empan papan ’sadar akan tempat’ atau ’introspektif’, tepa slira ’tenggang rasa’. Realisasi prinsip rukun sebagai modal dasar dan filosofi masyarakat Jawa belum sepenuhnya menyatu ke dalam perilaku berbahasa, khususnya bertindak kesantunan direktif, di dalam kehidupan sehari‐hari di kalangan andik SD berlatar belakang budaya Jawa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2524
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV