OPTIMASI KAPASITAS TEKANAN PENGISIAN REFRIGERAN DAN LAJU ALIRAN UDARA YANG MELINTASI KONDENSOR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI KERJA AC MOBIL
Abstract
Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengoptimisasi penggunaan tekana n
isian refrigeran pada sistem pendingin AC mobil terhadap prestasi kerjanya. Isian
diekspresikan dengan tekanan pengisian refrigeran yang dimasukan dalam sistem
pendingin AC mobil. Cara yang ditempuh yaitu melakukan penelitian secara
eksperimental. Unjuk kerja diukur dengan parameter dampak refrigerasi dan koefisien
prestasi (COP)
Dalam eksperimen ini diawali dengan perakitan sistem pendingin AC mobil
yang terdiri kompresor, kondensor, katup ekspansi, dan evaporator. Bahan pendingin
(fluida kerja) yang dipergunakan adalah refrigeran Freon -12. Untuk keperluan
pengambilan data ditambahkan alat ukur seperti orifice, pengukur tekanan, dan
termometer yang dipasang menyatu dengan sistem. AC dilengkapi kabin ruangan beban
berukuran 60cm x 60cm x 60cm.
Hasil penelitian menunjukkan pada tekanan pengisian refrigeran antara 130 -
170psig (diukur pada titik discharge kompresor) akan memberikan efek pendinginan
yang lebih baik dibandingkan pada tekanan pengisian kurang dari 130 psig atau lebih
besar dari 170psig. Pada interval tekanan pengisian tersebut sistem AC mampu
memberikan efek pendinginan pada ruangan kabin pada interval temperatur 11 -190C.
Rendahnya tekanan isian refrigeran menyebabkan efek refrigerasi yang dibangkitkan
juga rendah. Sistem AC akan bekerja secara optimal pada rentang pengisian antara 110 -
160 psig. Pada tekanan pengisian refrigeran < 100 psig dan/atau tekanan pengisian
refrigeran > 170 psig, kinerja AC akan mengalami penurunan .