Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis Permulaan pada Anak Prasekolah dengan Penggunaan Metode Pengajaran Jolly Phonics.
Abstract
Penelitian penulis sebelumnya tentang metode Jolly Phonics membuktikan bahwa
metode ini terbukti lebih efektif meningkatkan kemampuan baca-tulis permulaan
daripada metode reguler yang biasa digunakan di sekolah taman kanak-kanak. Dalam
penelitian ini penulis menguji konsistensi efektivitasnya dengan melihat sejauh mana
peningkatan kemampuan subjek penelitian setelah satu tahun kemudian. Oleh karena itu
dibuat rancangan penelitian pretes dan postes pada satu kelompok dengan 30 anak
prasekolah. Perlakuan yang diberikan merupakan pengajaran baca-tulis yang
berkelanjutan dari pengajaran pada penelitian sebelumnya dengan menggunakan metode
Jolly Phonic. Hasil pengukuran pra dan pasca ini kemudian diuji signifikansi
peningkatannya, dengan statistik t test untuk sample berpasangan. Hasil analisis
diperoleh t = -13,562 dengan p = 0,000, dengan demikian hipotesa diterima artinya
terdapat perbedaan yang sangat signifikan rata-rata skor pada tes pre dan post. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan pada
kemampuan membaca dan menulis bahasa Indonesia dan bahasa Inggris pada anak
prasekolah sebagai pengaruh kelanjutan pengajaran dengan metode Jolly Phonics. Hal ini
menjawab pertanyaan penelitian bahwa metode ini memiliki konsistensi efektivitas dalam
aplikasinya di TK A dan di TK B.