dc.identifier.citation | Adri, M. 2005. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Lokakarya “Management Information System” Kerjasama Jurusan Teknik Elektronika Politeknik Negeri Padang dan Proyek Due-Like. Adri, M. 2007. Strategi Pengembangan Multimedia Instructional. Jurnal Invotek Vol. VIII. No. 1. ISSN 1411-3414 Alexander, K. D. 2007. Effects of Instruction in Creative Problem Solving (CPS) on Cognition, Creativity, and Satisfaction among Ninth Grade Students in an Introduction to World Agricultural Science and Technology Course. Dissertation in Doctor of Agricultural Education. USA: Texas Tech University. Balasubramanian, V. 2002. Design and Evaluation of a Web-based Training tool for the User Action Framework (UAF) Explorer, Thesis Master of Science in Industrial and Systems Engineering, USA: Faculty of the Virginia Polytechnic Institute and State University. Breton, G. 1999. Some Empirical Evidence on the Superiority of the Problem-based Learning (PBL) Method. Journal Accounting Education 8, Canada : Universite du Quebec a Montreal. Chang, T. C.; Chang, C. L.; Su, Y; & Chen, F.S. 2007. Enhancing the English Learning Effectiveness of 8th Grade Students Using an Online Interactive English System, World Transactions on Engineering and Technology Education. Vol 6. No. 1. Cooper, D., R.; & Emory, C., W. 1998, Metode Penelitian Bisnis, jilid 2, Edisi Kelima, Jakarta: Penerbit Erlangga Djarwanto. 1986. Soal-Jawab Statistik Bagian Statistik Induktif. Edisi pertama, Yogyakarta: Penerbit Liberty. Gunn, A.; & Pitt, S. J. 2003. The effectiveness of Computer-Based Teaching Packages in Supporting Student Learning of Parasitology. Journal BEE-j Vol. 1 Issue 1 Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar. Jogiyanto, H., M., 2004. Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman, Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta. Kadir, A. 2002. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP, Yogyakarta: Penerbit Andi. Lovett, Marsha; Meyer, Oded; & Thille, Candace. 2007. Measuring the Effectiveness of the Open Learning Initiative (OLI) Statistics Course in Accelerating Student Learning, Research Article. USA: Carnegie Mellon University. Overfield, J. A.; & Lluka, L. B. An Evaluation of Factors Affecting Computer-Based Learning in Haemostasis: A Cultural Experience.Journal BEE-j Vol. 1 Issue 1 Prakoso, K. S. 2005. Membangun E-learning dengan MOODLE. Yogyakarta: Penerbit Andi. Pyle, M. A.; & Page, M. E. M. 1995. Test of English as a Foreign Language Preparation Guide. USA: Lincoln. Nebraska. Sharpe, P. J. 2002. How to Prepare for the TOEFL, Test of English as a Foreign Language.. Ohio State University. Penerbit Binarupa Aksara. Siswandari, 2006. Statistika Terapan Berbantuan Komputer. Diktat Kuliah Statistika. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Suyanto, A. H. 2005. Pengenalan Elearning. [Online] http://www.asephs. web.ugm.ac.id/ diakses terakhir tanggal 3 Mei 2008. Whitmore, G., A., Wasserman, W., dan Neter, J. 1993. Applied Statistics. Edisi keempat, Allyn and Bacon. | en_US |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini adalah membangun sistem pembelajaran berbasis web, dan memeriksa bagaimana sistem
pembelajaran berbasis web mempengaruhi capaian belajar. One-way univariate analyses of covariance
(ANCOVA) pada tingkat signifikansi 0,05 dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh perlakuan pada sesi
listening comprehension, structure and written expression, dan reading comprehension. Uji efektivitas
penelitian ini merupakan studi quasi-experimental untuk menginvestigasi pengaruh fasilitas sistem
pembelajaran berbasis web pada performa mahasiswa dalam sesi-sesi TOEFL; listening, structure and written
expression, dan reading. Delapan uji ANCOVA telah dilakukan untuk menguji delapan hipotesis nihil dan
delapan hipotesis alternatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan sistem pembelajaran
berbasis web memperkaya kemampuan mahasiswa dalam TOEFL. Penelitian ini juga membuktikan bahwa
pembelajaran berbasis web dapat menggantikan peran pembelajaran konvensional kelas. Namun, di sisi lain,
sistem pembelajaran ini dinilai gagal meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam sesi reading comprehension. | en_US |