Pengembangan Materi dan Model Pembelajaran matematika realistik sekolah dasar berkonteks lokal (Surakarta) Undtuk mendukung penerapan KTSP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi dan model pembelajaran
matematika SD berdasarkan KTSP untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika
tingkat dasar. Model ini dibangun berdasarkan konteks (situasi, kondisi dan ketersediaan
sarana) lokal Surakarta. Tujuan khusus penelitian pada tahun pertama adalah: (1) Menganalisa
tujuan belajar matematika dalam upaya merumuskan kompetensi yang dituntut dalam setiap
pokok bahasan. (2) Mengembangkan materi dan model pembelajaran matematika realistik
berdasarkan konteks lokal Surakarta. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan
(Developmental Research). Pada tahap pertama dilakukan identifikasi kompetensi matematika
berdasarkan KTSP yang untuk selanjutnya dikembangkan materi dan model pembelajaran
berbasis media dan berkonteks lokal. Oleh karenanya produk tahap pertama ini menghasilkan:
(1) Identifikasi materi atau topik-topik yang memungkinkan dapat disajikan lewat
pembelajaran PMR, termasuk didalamnya rumusan kompetensi dasar dan standar
kompetensinya, dan (2) model Awal pembelajaran matematika itu sendiri. Dari hasil
penelusuran kurikulum dan silabus KTSP diperoleh laporan bahwa tidak semua topik
matematika SD dapat didekati dengan model pembelajaran realistik. Oleh karenanya topiktopik
terpilih yang dapat didekati dengan model realisik ini baru dalam bentuk draf Buku
Panduan Guru yang untuk selanjutnya dapat diimplementasikan dalam uji coba tahun kedua