• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik (PTK Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta)

    Thumbnail
    View/Open
    2007_reguler_NINING STYANINGSIH.pdf (8.142Kb)
    Date
    2007
    Author
    SETYANINGSIH, NINING
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini: (1) meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika, (2) meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengamatan, catatan lapangan, review yang dilakukan peneliti dan mitra kolaborasi. Data tindak mengajar dan belajar yang diperoleh dari tiga putaran tindakan kelas, dianalisis bersama mitra kolaborasi secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah (1) kerja kolaboratif yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan guru tentang proses pembelajaran yang didasarkan pada pendekatan realistik yang meliputi 3 fase yaitu pengenalan, eksplorasi dan fase meringkas dan (2) selama proses pembelajaran partisipasi siswa termasuk diantaranya menyelesaikan masalah, komunikasi selama diskusi ,maju ke depan kelas untuk menjawab/mengemukakan ide dengan bahasanya sendiri dapat berubah ke arah positif setelah diterapkan pendekatan realistik.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2669
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV