Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Realistik (PTK Di SD Muhammadiyah 16 Surakarta)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan dari penelitian ini:
(1) meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika, (2) meningkatkan
kemampuan guru dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan realistik
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pengamatan,
catatan lapangan, review yang dilakukan peneliti dan mitra kolaborasi. Data tindak
mengajar dan belajar yang diperoleh dari tiga putaran tindakan kelas, dianalisis bersama
mitra kolaborasi secara deskriptif kualitatif dengan model alur.
Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah (1) kerja kolaboratif yang
dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan guru tentang proses pembelajaran yang
didasarkan pada pendekatan realistik yang meliputi 3 fase yaitu pengenalan, eksplorasi
dan fase meringkas dan (2) selama proses pembelajaran partisipasi siswa termasuk
diantaranya menyelesaikan masalah, komunikasi selama diskusi ,maju ke depan kelas
untuk menjawab/mengemukakan ide dengan bahasanya sendiri dapat berubah ke arah
positif setelah diterapkan pendekatan realistik.