• Login
    View Item 
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    •   Home
    • Penelitian (Research)
    • Pendidikan
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERSEPSI DOSEN STUDI ISLAM DAN MAHASISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA (Studi Kasus Pembelajaran Studi Islam Model Baitul Arqam di Pondok HNS- UMS)

    Thumbnail
    View/Open
    2007_reguler_SAIFUDIN ZUHRI.pdf (11.79Kb)
    Date
    2007
    Author
    Zuhri, Saifuddin
    Abidin, Zaenal
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran ditujukan untuk memfasilitasi seluas-luasnya bagi mahasiswa agar mengembangkan potensi yang dimiliki, mampu mencapai kualifikasi dan menguasasi kompetensi. Oleh karena itu pendidikan harus diletakkan pada empat pilar yaitu, belajar mengetahui (learning to know), belajar mengerjakan (learning to do), belajar hidup dalam kebersamaan (learning to live together), dan belajar menjadi diri sendiri (learning to be). Penelitian ini meneliti tentang pelaksanaan pembelajaran model Baitul Arqam di Pondok HNSUMS?. Persepsi dosen Studi Islam dan mahasiswa terhadap model pembelajaran studi Islam model Baitul Arqam serta kendala dan penunjang dalam pembelajaran model Baitul Arqam. Jenis penelitian yang penulis lakukan ini berupa penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Dari hasil penelitian tersebut dihasilkan kesimpulan Pelaksanaan BA selama 4 hari dianggap efektif dan efesien walaupun masih dikeluhkan dari segi sarana dan prasarana. Model pembelajaran Baitul Arqam menurut persepsi dosen/fasilitator merupakan bentuk pembelajaran orang dewasa yang mampu mengembangkan tiga ranah pada diri mahasiswa. Faktor kendala dalam pembelajaran model Baitul Arqam adalah perlu mempertimbangkan materi yang didekati dengan konvensional dan pendekatan pemberdayaan aktif. Faktor penunjang dalam pembelajaran model Baitul Arqam adalah para mahasiswa dalam kondisi telah memiliki talenta sehingga fasilitatornya tinggal mengembangkan dengan pendekatan acitve learning.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/2672
    Collections
    • Pendidikan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV