dc.identifier.citation | Ing, S., “Studi Perabot Pada Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Kelompok B Di Surabaya”, http://dewey.petra.ac.id/dgt_search_simple.php. 2004 Liliana, Y. P., dkk “Pertimbangan Ergonomi Pada Pendisainan ”, Journal sekolah Teknologi Nuklir, Batan. 2007. Nurmianto, E., “Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya”, Surabaya. 1996. Sutalaksana, I. Z., “Teknik Tata Cara Kerja”, MTI ITB, Bandung. 1979. Setiyani, I., “Manajemen Kurikulum Anak Usia Dini”, Journal. Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2009. Soeryana, H., “Kerangka Dasar Kurikulum Paud”, http://hidayatsoeryana. wordpress.com. 2008. Widodo, I., “Perencanaan dan Pengembangan Produk”, UII Press, Jogyakarta. 2005. Wignjosoebroto, S., “Ergonomi, Studi Gerakan dan Waktu”, Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. 1995. | en_US |
dc.description.abstract | Alat belajar/bermain di taman kanak-kanak merupakan salah satu fasilitas
dan sarana yang perlu mendapat perhatian, mengingat besarnya fungsi dan manfaat
alat tersebut dalam aktifitas belajar/bermain anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang beberapa alat belajar/bermain, yaitu: perosotan, panjatan globe, panjatan
setengah lingkaran, dan ayunan yang ergonomis menurut antropometri siswa Taman
Kanak – Kanak Islam Permata Selat Panjang. Data antropometri yang digunakan
dalam penelitian ini diambil dari 30 orang anak TK. Dalam tahap analisis, hasil
rancangan memperlihatkan perbedaan ukuran dan bentuk yang cukup signifikan
dibandingkan alat bermain/belajar yang sudah ada sebelumnya. Perbedaan ini
dianalisis lebih jauh dan disimpulkan bahwa alat yang telah dirancang memberikan
nilai kontrol dan keselamatan yang lebih optimal dibanding alat belajar/bermain yang
sebelumnya. | en_US |