dc.identifier.citation | Arsyad Azhar, 2003. Media Pembelajaran, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada. Carroll. John.M. 2003. HCI Models, Theories and Framework – Towards a Multidisciplinary Science. San Francisco : Morgan Kaufmann Publishers. Dwipeni Enggar Hindraswari, 2008.Teknologi Informasi dan Komunikasi SD Jilid 1, Bandung : Erlangga. Dwipeni Enggar Hindraswari, 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi SD Jilid 3, Bandung : Erlangga. Dwipeni Enggar Hindraswari, 2008. Teknologi Informasi dan Komunikasi SD Jilid 5, Bandung : Erlangga. Harnifah Zuli, 2010. Media Pembelajaran SAINS Makhluk Hidup dan Lingkungan untuk Anak SD Berbasis Multimedia pada SD Negeri Darat, Yogyakarta : AMIKOM Yogyakarta. Hartono Setyo Wawan, 2007. Panduan Belajar Desain Grafis Corel Draw X3, Yogyakarta : Andi. Indriyati Nila, 2011. Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pengenalan Tokoh-Tokoh Proklamasi 17 Agustus 1945 pada Persiapan Pelaksanaan Proklamasi untuk anak Sekolah Dasar, Yogyakarta : AMIKOM Yogyakarta. Kunandar, 2007. Guru Profesional Implementasi Kurukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) & Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada. Seno Adjie, 2006. Macromedia Flash Prosfesional 8, Jakarta : Dian Rakyat. ed). United States of America : Pearson Education, Inc. Shneiderman Ben, & Catherine Plaisant, 2005. Designing The User Interface.(4 Sutopo Hadi Ariesto, 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Yogyakarta : Graha Ilmu. th Suwami, H.J, Swindio Hs, Maryanto, Sulijan, 2000. Buku Pegangan Kuliah FKIP Belajar dan Pembelajaran 1, Surakarta : Universitas Sebelas Maret. Winarno, Patwary A Md, Yasid Abu, Marzuki Rini, Setiarini S Endah, Alimah Siti, 2009. Teknik Evaluasi Multimedia Pembelajaran, Genius Prima Media. Yudhiantoro Dhani, 2007. Mengolah Foto dari Kamera Handphone dengan Photoshop CS2, Yogyakarta : Andi. | en_US |
dc.description.abstract | Pemanfaatan teknologi komputer dalam banyak bidang, tidak terkecuali pendidikan,
memicu berbagai dampak selain dari sisi informasi yang selalu berkembang juga dalam hal
penyajiannya sebagai bentuk interaksi manusia komputer yang diharapkan mampu
meningkatkan produktivitas pengguna itu sendiri.HCI(Human Computer Interaction) bukan
hanya berfokus pada perancangan antar muka, namun juga aspek dan efeknya yang terkait
dengan berbagai disiplin ilmu. Dukungan pembelajaran berbasis multimedia mulai dirintis pada
sekolah MIN Tinawas Boyolali sebagai tempat studi kasus dalam mata pelajaran pengenalan
komputer. Media pembelajaran diwujudkan dalam CBT (Computer Based Training) yang
memanfaatkan media CD-Rom dan disk-based sebagai media pendidikan. Sebuah CD-Rom bisa
terdiri dari video clip, animasi, grafik, suara, multimedia dan program aplikasi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menganalisis permasalahan,
menentukan kebutuhan pengguna, merancang, mengimplementasikan dan uji coba sistem di
lokasi studi kasus . Hasilnya dianalisis dan diambil kesimpulan, untuk kemudian dapat menjadi
umpan balik bagi pengembangan sistem lebih lanjut.
Hasil dari penelitian ini adalah terwujudnya media pembelajaran pengenalan komputer
untuk SD/MI berbasis multimedia untuk memberikan fasilitas pengajaran bagi guru dan
menumbuhkan siswa yang aktif dalam belajar secara mandiri untuk mengembangkan khasanah
pengetahuan yang tidak terbatas. | en_US |