dc.identifier.citation | Abdullah, Taufik dkk (ed.). 2002. Ensiklopedia Tematis Dunia Islam: Ajaran. Jogjakarta: Ichtiar Baru Van Hoeve. Abdul Manaf, Mudjahid. 1994. Sejarah Agama-Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Ahmadi, Abu. 1990. Sejarah Agama. Solo: Ramadhani. Ali, Mukti. 1970. Ilmu Perbandingan Agama (Sebuah Pembahasan Tentang Methodos dan Sistima). Jogjakarta: Yayasan Nida. —————. 1992. Ilmu Perbandingan Agama di Indonesia. Bandung: Penerbit Mizan. Ali, Sayuthi. 2002. Metodologi Penelitian Agama: Pendekatan, Teori dan Praktek. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Berkhof, H. 1988. Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunug Mulia. Bleeker, C.J. 1985. Pertemuan Agama-Agama di Dunia. Bandung: Sumur Bandung. De Jonge, C. 1987. Pembimbing ke dalam Sejarah Gereja. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Depag RI. 1987. Al-Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: Karya Toha Putra. Dhavamony, Mariasusai. 1995. Fenomenologi Agama. Yogyakarta: Kanisius. Djam’annuri (ed.). 2002. Agama Kita: Perspektif Sejarah Agama-Agama (Sebuah Pengantar). Yogyakarta: LESFI. Douglas, J.D (ed.). 2008. Ensiklopedi AlKitab Masa Kini Jilid II. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih. Effendy, Mochtar. 2001. Ensiklopedi Agama dan Filsafat. Palembang: Universitas Sriwijaya. Fitriani, Azimah. 2009. Skripsi Konsep Puasa dalam Al-Qur’an Al-Hadist dan Kitab Tripitaka (Studi Perbandingan). Surakarta: Fakultas Agama IslamUniversitas Muhammadiyah Surakarta. Franklin, Jentezen. 2009. Puasa. Jakarta: Immanuel. Hadiwijono, Harun. 1988. Iman Kristen. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Helwig, W.L. 1988. Sejarah Gereja Kristus 2. Yogyakarta: Kanisius. Heuken SJ, Adolf. 1991. Ensiklopedi Gereja I. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka. _______. 1993. Ensiklopedi Gereja III. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka. _______. 1994. Ensiklopedi Gereja IV. Jakarta: Yayasan Cipta Loka Caraka. Kristensen, W. Brede. John B. Carman (trans.). 1960. The Meaning of Religion Lecterer in the Phenomenology of Religion. Netherlands: Martinus Nijhof/ The Hague. Kusdiyanto. 1997. Buku Pegangan Kuliah Metodologi Penelitian. Surakarta:Universitas Muhammadiyah Surakarta. Markus Agung, Pdt. 2003. Puasa. Jakarta: t.t. Mustaqim, Abdul. 2010. “Islam”, dalam Nur Kholis Setiawan dan Djaka Soetapa, Meniti Kalam Kerukunan: Beberapa Istilah Kunci Dalam Islam dan Kristen Jilid I, Jakarta: Gramedia. Nashir, Haedar. 1999. Agama Krisis Kemanusiaan Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Nata, Abuddin. 2002. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nazir, Muhammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia. Nn. Alkitab. http://id.wikipedia.org/wiki/Alkitab (diakses tanggal 22 Agustus 2010 pukul 10.57 WIB). _______. Kekristenan. http://id.wikipedia.org/wiki/Kekristenan (diakses tanggal 20 Oktober 2011 pukul 10.30 WIB). _______. Khotbah di Bukit. http://id.wikipedia.org/wiki/Khotbah-di-bukit (diakses tanggal 20 Oktober 2011 pukul 10.45 WIB). _______. Protestan. http://id.wikipedia.org/wiki/Protestan (diakses tanggal 22 september 2010 pukul 07.51 WIB). _______. Sejarah Gereja. http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah-gereja (diakses tanggal 22 September 2010 pukul 07.51 WIB). _______. Yesus. http://id.wikipedia.org/wiki/Yesus (diakses tanggal 13 Oktober 2011 pukul 11.00 WIB). _______. Penduduk di Indonesia. http://wikipedia.org/wiki/penduduk-di-Indonesia (diakses tanggal 12 Juli 2011 pukul 13.40 WIB). _______. Christianity by Country. http://in.wikipedia.org/wiki/Christianity_ by_country (diakses tanggal 12 Juli 2011 pukul 13.47 WIB). Quraish Shihab, Muhammad. 2000. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al Qur’an Vol 1. Jakarta: Lentera Hati. _______. 2000a. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al Qur’an vol 2. Jakarta: Lentera Hati. ______. 2001. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al Qur’an vol 3. Jakarta: Lentera Hati. _______. 2002. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al Qur’an vol 8. Jakarta: Lentera Hati. _______. 2003. Tafsir Al Misbah: Pesan, Kesan, dan Keserasian Al Qur’an vol 14. Jakarta: Lentera Hati. Rais, Amien. 1996. Puasa dan Keunggulan Kehidupan Rohani. Yogyakarta: Mitra Pena Cendekia. Hana Rosita, Chairul. 2008. Skripsi Puasa dan pengendalian Diri Perspektif Kesehatan Mental. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. Rousydiy, Lathief. 1986. Puasa Hukum dan Hikmahnya Berdasarkan Kitab Allah dan Sunnah Rasulullah S.A.W .Medan: Rinbow. Shobahiya, Mahasri dkk (ed.). 2006. Studi Islam 1. Surakarta: LPID-UMS. Sismono. 2010. Puasa pada Umat-Umat Dulu dan Sekarang. Jakarta: Republika. Smith, Huston. 1995. Agama-Agama Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Soedarmo. 1989. Ikhtisar Dogmatika. Jakarta: BPK Gunung Mulia. Sou’yb, Joesoe. 1983. Agama-agama Besar di Dunia. Jakarta: Pustaka Alhusna. Sudjana, Nana. 1988. Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah (Makalah-Skripsi- Tesis-Disertasi). Bandung: Sinar Baru. Team. 1990. Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 9. Jakarta: Cipta Adi Pustaka. _______. 1990a. Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13. Jakarta: Cipta Adi Pustaka _______. 2010. AlKitab. Jakarta: Lembaga Al Kitab Indonesia. | en_US |
dc.description.abstract | Puasa merupakan salah satu ritual atau ibadah keagamaan yang
senantiasa dilaksanakan oleh seluruh pemeluk agama di dunia sejak
umat-umat terdahulu hingga sekarang. Puasa merupakan salah satu
bentuk ritus agama yang dapat meningkatkan kualitas spiritual
manusia dan sebagai wahana penyucian diri guna mendekatkan diri
kepada Tuhan yang dalam pelaksanaannya mengacu pada kitab suci
masing-masing, termasuk ajaran puasa dalam agama Protestan.
Agama ini secara demografi merupakan agama dengan jumlah
pemeluk yang banyak di dunia memiliki konsep ajaran puasa yang
khas dalam sudut pemahaman, tujuan, maupun aplikasinya. Penelitian
ini mengupas mengenai puasa dalam perspektif agama Protestan.
Penelitian ini bermanfaat sebagai stimulus bagi penelitian selanjutnya,
sehingga proses pengkajian secara mendalam akan terus berlangsung
dan memperoleh hasil yang maksimal. Lebih dari itu, penelitian ini
juga diharapkan menjadi media dalam membangun sikap toleransi
antar umat beragama. Penelitian ini termasuk dalam penelitian
kepustakaan dengan menggunakan metode pendekatan fenomenologis
yang sumber datanya diperoleh dari Alkitab, buku, dan artikel dalam
internet. Data dikumpulkan melalui teknik dokumenter yang kemudian
dianalisis secara fenomenologis. Agama Protestan memiliki
pemaknaan tersendiri mengenai konsep ibadah puasa. Pada ranah
pemaknaan ini, peneliti menemukan keunikan atau kekhasan pada
tujuan, dasar hukum, macam, dan tatacara berpuasa. | en_US |