Show simple item record

dc.contributor.authorRohmah, Wafrotur
dc.date.accessioned2013-06-22T21:09:34Z
dc.date.available2013-06-22T21:09:34Z
dc.date.issued2012-06
dc.identifier.citationArikunto, S. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta. __________. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara. Astuti, P. L. 2002. Kreativitas Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Al- Qur’an di SLTP Muhammadiyah I Kartasura 2002/2003. Surakarta: FAI. Hadi, S. 1982. Analisa Regresi. Yogyakarta: Andi Offset. Holstein, H. 1986. Murid Belajar Mandiri. Bandung: Remadja Karya. Mulatsih, A. 2001. Pengaruh Kompetensi Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas II SMU Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu. Surakarta: FKIP UMS. Poerwodarminto, W.J.S. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. Purwanto, N. 1984. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya. Roestiyah, N.K. 1989. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara. Saputro, E. K. 2002. Pengaruh Kelengkapan Belajar Kemandirian Siswa Terhadap Prestasi belajar matematika Siswa Kelas 2 Catur Wulan III SLTP Negeri 3 Grinsing Tahun Pelajaran 2001/ 2002. Surakarta: FKIP UMS. Slametto. 1991. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bina Aksara. Walgito. B. 1994. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta : Andi OffsetWinkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Grasindo. Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakaryaen_US
dc.identifier.issn1412-3835
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3137
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif kemandirian belajar dan persepsi tentang kompetensi keguruan terhadap prestasi akademik Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Sampel diambil dengan teknik proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda.Dari analisis diperoleh persamaan garis regresi yang diperoleh adalah Y = -1,68 + 0,028X1 + 0,030X2. Pengujian dilakukan dengan uji F dan diperoleh harga Freg = 21,886 > Ftab = 3,19 pada taraf signifikansi 5%. Hasil Freg > Ftab berarti terdapat pengaruh yang positif kemandirian belajar dan persepsi tentang kompetensi keguruan terhadap prestasi akademik. Sumbangan efektif kemandirian belajar 28,33% dan persepsi tentang kompetensi keguruan 18,85%. Kemandirian belajar mempunyai kontribusi yang lebih besar daripada persepsi tentang kompetensi keguruan dalam mempengaruhi variasi perubahan prestasi akademik.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectKemandirian belajaren_US
dc.subjectkompetensi keguruanen_US
dc.subjectprestasi akademiken_US
dc.titlePengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Tentang Kompetensi Keguruan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansien_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record