dc.contributor.author | Rohmah, Wafrotur | |
dc.date.accessioned | 2013-06-22T21:09:34Z | |
dc.date.available | 2013-06-22T21:09:34Z | |
dc.date.issued | 2012-06 | |
dc.identifier.citation | Arikunto, S. 1990. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta. __________. 1993. Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara. Astuti, P. L. 2002. Kreativitas Guru Dan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Bidang Studi Al- Qur’an di SLTP Muhammadiyah I Kartasura 2002/2003. Surakarta: FAI. Hadi, S. 1982. Analisa Regresi. Yogyakarta: Andi Offset. Holstein, H. 1986. Murid Belajar Mandiri. Bandung: Remadja Karya. Mulatsih, A. 2001. Pengaruh Kompetensi Guru Akuntansi Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas II SMU Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu. Surakarta: FKIP UMS. Poerwodarminto, W.J.S. 1986. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. Purwanto, N. 1984. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya. Roestiyah, N.K. 1989. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara. Saputro, E. K. 2002. Pengaruh Kelengkapan Belajar Kemandirian Siswa Terhadap Prestasi belajar matematika Siswa Kelas 2 Catur Wulan III SLTP Negeri 3 Grinsing Tahun Pelajaran 2001/ 2002. Surakarta: FKIP UMS. Slametto. 1991. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bina Aksara. Walgito. B. 1994. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta : Andi OffsetWinkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran dan Evaluasi Belajar. Jakarta : Grasindo. Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya | en_US |
dc.identifier.issn | 1412-3835 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3137 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif kemandirian belajar
dan persepsi tentang kompetensi keguruan terhadap prestasi akademik Populasi dalam penelitian
ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi. Sampel diambil dengan teknik
proportional random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda.Dari analisis diperoleh persamaan garis regresi
yang diperoleh adalah Y = -1,68 + 0,028X1 + 0,030X2. Pengujian dilakukan dengan uji F dan
diperoleh harga Freg = 21,886 > Ftab = 3,19 pada taraf signifikansi 5%. Hasil Freg > Ftab berarti
terdapat pengaruh yang positif kemandirian belajar dan persepsi tentang kompetensi keguruan terhadap
prestasi akademik. Sumbangan efektif kemandirian belajar 28,33% dan persepsi tentang kompetensi
keguruan 18,85%. Kemandirian belajar mempunyai kontribusi yang lebih besar daripada persepsi
tentang kompetensi keguruan dalam mempengaruhi variasi perubahan prestasi akademik. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | Kemandirian belajar | en_US |
dc.subject | kompetensi keguruan | en_US |
dc.subject | prestasi akademik | en_US |
dc.title | Pengaruh Kemandirian Belajar dan Persepsi Tentang Kompetensi Keguruan Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Progdi Pendidikan Akuntansi | en_US |
dc.type | Article | en_US |