dc.contributor.author | Suwandi, Joko | |
dc.date.accessioned | 2013-06-24T01:49:55Z | |
dc.date.available | 2013-06-24T01:49:55Z | |
dc.date.issued | 2012-12 | |
dc.identifier.citation | Arend, R. 1997. Classroom Instructional management. New York: The Mc. Graw-Hill Company. Bell-Grredler, Margaret E. 1996. Learning and Instrucion Theory into Practice. New York: Macmillan Publishing Company. Depdiknas,2003:10. Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning). Jakarta:Dirjen Dikdasmen). Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta Dornbusch, 1991. Macroeconomics. Kogakusha:Mc. Graw-Hill Dryden, Gordon & Vos Jeannette.1999. The Learning Revolution: To Change the Way the World Learns. The Learning Web, Selandia Baru. Dialihbahasakan dan diterbitkan oleh Mizan dengan judul Revolusi cara Belajar. 2000). Endang Sri Rahayu. 2004. Metode Penelitian (Khusus Tentang Penelitian Kajian Tindak/Action Research). Jakarta: Lembaga Akta Mengajar Universitas Negeri Jakarta. Gagne. & Briggs.1988:42. Principle of Instructional Design. New York: Holt, Rinerhart and Winston, Inc. Mufliha. 2007. Psikologi Sosial. http://anakkuantan.multiply.com/journal/item/8. diakses tanggl: 26 Mei 2008 jam 08.15. Kemmis, S. & Mc Taggart, R. 1988. The Action Research Planner (3rd ed). Victoria: Deakin University Press. Milles, M.B. & Huberman, A.M.1984. Qualitative Data Analysis. Beverley Hills: Sage Publisher. Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Depdikbud, Dirjen Dikti. | en_US |
dc.identifier.issn | 1412-3835 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3141 | |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian adalah untuk; (1) meningkatkan pemahaman tentang analisis pendapatan
nasional dengan menerapkan Teori Atribusi Weiner, (2) sejauh mana peningkatan hasil
belajar mahasiswa dari penerapan Teori Atribusi Weiner, dan (3) bagaimana tanggapan
mahasiswa terhadap penerapan Teori Atribusi Weiner.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model alir dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari kegiatan
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian Mahasiswa semester IIa tahun ajaran 2006-
2007 penempuh mata kuliah Ekonomi Makro. Pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes dan
wawancara, sedangkan analisis data menggunakan analisis interaktif dari Milles & Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan Teori Atribusi Weiner yang disisipkan dalam
pembelajaran langsung dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang analisis pendapatan
nasional; (2) penerapan Teori Atribusi Weiner meningkatkan hasil belajar mahasiswa sebesar 58
poin, yaitu dari rata-rata 35,43 menjadi 93,43; (3) tanggapan mahasiswa terhadap penerapan Teori
Atribusi Weiner sangat positif. Penerapan Teori Atribusi Weiner yang disisipkan dalam pembelajaran
langsung dilakukan dengan prosedur; (1) lakukan penilaian atas hasil kerja mahasiswa secara langsung
dan beri komentar dan penguatan verbal dan non-verbal untuk memberikan persepsi keberhasilan
dan kegagalan. Bangga apabila hasil pekerjaannya benar dan akan malu apabila pekerjaannya tidak
benar; dan (2) tumbuhkan ego-involvement di kelas dengan menyadarkan bahwa tugas yang
dibebankan menjadi pertaruhan harga diri. Upaya yang dilakukan dengan menunjukkan secara terbuka
atas hasil pekerjaan mahasiswa di depan kelas. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | Atribusi Weiner | en_US |
dc.subject | Motivasi | en_US |
dc.subject | Pemahaman analisis Pendapatan Nasional | en_US |
dc.title | Penerapan Teori Atribusi Weiner untuk Meningkatkan Pemahaman Analisis Pendapatan Nasional | en_US |
dc.type | Article | en_US |