Substansi dari pengakuan masyarakat terhadap profesi guru adalah masyarakat telah mempercayai, mengakui, dan menyerahkan kepada guru untuk mendidik anak-anak bangsa dan membantu mengembangkan potensinya secara profesional. Profesi tersebut menyerminkan kompetensi yang dimiliki. Kompetensi tersebut tidak sekadar kompetensi pada tataran normatif. Akan tetapi, guru perlu memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan sosial dalam ranah aktualisasi kebijakan pendidikan.Oleh karena itu, pengembangan profesi guru merupakan ranah yang sangat penting. Pengembangan profesi ini akan bermuara pada pembentukan karakter bangsa.

Pada tataran pelaksanaan di lapangan, terdapat beberapa permasalahan yang muncul dalam pengembangan kompetensi guru terkait profesinya sebagai pendidik. Oleh sebab itu, Ikatan Alumni MPB bekerja sama dengan Progam Magister Pengkajian Bahasa bermaksud berbagi pemikiran dan kepedulian terhadap peningkatan kompetensi guru dengan melaksanakan seminar bertema “Penguatan Jati Diri Bangsa melalui Peningkatan Kompetensi Bahasa dan Sastra” pada 28 Januari 2013.

Ikatan Alumni MPB menyelenggarakan seminar tersebut bermaksud untuk meningkatkan kompetensi kebahasaan dan kesastraan, khususnya bagi para alumni MPB dan bagi guru bahasa secara umum. Selain diikuti oleh alumni MPB dan guru, seminar juga diikuti oleh mahasiswa Program Pascasarjana UMS. Hal ini tentu sangat mengembirakan karena seminar yang diikuti oleh pakar pendidikan, pakar bahasa dan sastra, alumni MPB, guru, dan mahasiswa akan semakin dekat dengan tujuan utama, yaitu memecahkan masalah dalam pembelajaran bahasa dan sastra sebagai upaya membentuk guru yang kompeten. Guru-guru yang memiliki kompetensi pada akhirnya akan menguatkan jati diri bangsa.

Recent Submissions