Show simple item record

dc.contributor.authorIsminatun
dc.date.accessioned2013-09-26T08:12:17Z
dc.date.available2013-09-26T08:12:17Z
dc.date.issued2013-03-01
dc.identifier.citationDepdikbud. 1993. GBPP Bahasa Indonesia SLTP. Jakarta: Depdikbud. Depdiknas. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Bahasa dan Sastra Indonesia: Pengembangan Kemampuan Membaca Cepat. Jakarta: Depdiknas. Nurgiantoro, Bambang. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Jogjakarta: BPFE. Soedarso. 1994. Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Soedarso. 2001. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia. Supriatna, Agus dan Sinta Erdina. 2002. Buku 1 Penataran Tertulis Guru Bahasa Indonesia SLTP. Bandung: Depdiknas. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. __________________. 1993. Strategi Pengajaran dan pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa. Widyamartaya, A. 1992. Seni Membaca untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius.en_US
dc.identifier.isbn978-979-1032-99-5
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3487
dc.description.abstractSalah satu tujuan membaca menurut GBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1994 (Depdikbud, 1993: 7) adalah siswa mampu menangkap gagasan, pengalaman, dan pendapat secara cepat dan tepat. Cepat maksudnya, siswa dapat membaca dalam waktu yang singkat, sedangkan tepat berarti siswa dapat memahami atau menangkap gagasan, pengalaman, dan pendapat dalam bahan bacaan dengan benar. Sesuai dengan itu, Supriatna dan Erdina (2002: 59) menyatakan bahwa tujuan utama membaca adalah menangkap informasi dalam bacaan dengan cepat dan tepat. Berdasarkan pengalaman penulis dalam membelajarkan membaca di SMP, kemampuan membaca siswa cenderung masih rendah. Ukuran keberhasilan membaca dapat didasarkan pada kemampuan siswa dalam memahami bacaan, dengan atau tanpa memperhitungkan waktu yang diperlukan siswa dalam menyelesaikan kegiatan membacanya. Bahkan, sebagian siswa masih sangat lambat dalam membaca sehingga siswa memerlukan waktu yang relatif lebih lama untuk membaca suatu bacaan.en_US
dc.publisherIkatan Alumni MPB bekerja sama dengan Magister Pengkajian Bahasa Program UMSen_US
dc.subjectMetode Belajar Mengajaren_US
dc.titlePeningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Metode SQ3R Pada Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Gatak, Sukoharjoen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record