dc.contributor.author | Huda, Miftakhul | |
dc.contributor.author | Purwahida, Rahmah | |
dc.date.accessioned | 2013-09-26T08:27:37Z | |
dc.date.available | 2013-09-26T08:27:37Z | |
dc.date.issued | 2013-03-01 | |
dc.identifier.citation | Dardjowidjojo, Soenjono. 2005. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia. Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. Owen Jr., R.E. 1992. Language Development: An Introduction. Ohio: Macmillan Publishing Company. Sabardila, et al. 2008. ”Model Penggalian Potensi Menulis melalui Penulisan Otobiografi”. Laporan Penelitian Hibah Bersaing Tahun I. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Santrock, Jhon.W. 2002. Life-Span Development. Texas: University of Texas Dallas. Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Universty Press. Thahar, Harris Effendi. 2001. ”Pembelajaran Menulis Terpadu pada Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia: Sebuah Diskusi”. Komposisi Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan Seni Vol. 2, No. 1, 2001. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-1032-99-5 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3491 | |
dc.description.abstract | Pemerolehan bahasa pertama memiliki kaitan erat dengan
perkembangan sosial anak. Sebagaimana yang dikemukakan Pieget
bahwa kognisi yang diperoleh dari perkembangan sosial anak
berperan dalam permerolehan bahasa dan pengetahuan kognisi
merupakan dasar atas pemahaman akan kata-kata (Owen, 1992: 156).
Perkembangan sosial anak memiliki hubungan yang erat dengan
pembentukan identitas sosial. Melalui bahasa, anak dapat
mengekspresikan gagasan dan kemauan dengan cara yang benar-benar
dapat diterima secara sosial. Bahasa merupakan media yang dapat
digunakan anak untuk memperoleh nilai-nilai budaya, moral, agama,
dan nilai-nilai lain dalam masyarakat. Anak-anak yang mulai belajar di
sekolah dasar memperoleh pembelajaran bahasa melalui mata
pelajaran Bahasa Indonesia.
Pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar mencakup
pembelajaran keterampilan menulis. Pengembangan keterampilan
menulis dapat dilakukukan dengan memberikan rangsangan yang
membuat siswa tertarik untuk menulis. Salah satu cara yang dapat
dilakukan untuk menarik perhatian siswa agar gemar menulis adalah
dengan memanfaatkan film Laskar Pelangi. | en_US |
dc.publisher | Ikatan Alumni MPB bekerja sama dengan Magister Pengkajian Bahasa Program UMS | en_US |
dc.subject | Metode Belajar Mengajar | en_US |
dc.title | Keruntutan Alur Dalam Pembelajaran Menulis Melalui Teknik Recount | en_US |
dc.type | Article | en_US |