Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Padegogik Serta Manfaatnya Bagi Pendidikan Karakter Siswa
dc.contributor.author | Winarno, Sapto | |
dc.date.accessioned | 2013-09-26T09:05:49Z | |
dc.date.available | 2013-09-26T09:05:49Z | |
dc.date.issued | 2013-03-01 | |
dc.identifier.citation | Danin, Sudarwan. 2010. Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta Hidayatullah, M.Furqon. 2009. Guru Sejati: Membangun Insan Berkarakter Kuat dan Cerdas. Surakarta: Yuma Pustaka. Isjoni. 2008. Guru sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sobri, Asep Jihad, Charul Rochman. 2009. Pengelolaan Pendidkan. Yogyakarta: Multi Pressindo. Yaminm Martinis. 2008. Profesionalisasi Guru dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. blogspot.com/2011/11/kompetensi-pedagogik-guru-indonesia.html diakses tanggal 20 Januari 2013 http://hanya-kutipan.blogspot.com/2011/11/kompetensi- pedagogik-guru-indonesia.html diakses tanggal 20 Januari 2013 | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-1032-99-5 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3494 | |
dc.description.abstract | Proses pendidikan dan pembelajaran menurut Isjono (2008:25) memerlukan latihan keterampilan, baik intelektual maupun motorik sehingga menuntut guru untuk bertindak sebagai pelatih. Tanpa latihan seorang peserta didik tidak akan mampu menunjukkan penguasaann kompetensi dasar, danh tidak akan mahir dalam berbagai ketrerampilanyang dikembangkan sesuai dengan materi dasar. Sosok guru adalah orang yang identik dengan tugas dan tanggung jawab membentuk karakter dan kelangsungan hidup bangsa ini. Guru berjuang memberikan ilmu pengetahuan kepada anak didik hingga menjadi pandai, punya pengetahuan yang luas,menjadi manusia cerdas,dewasa dalam berfikir,mandiri, dan berkarakter,untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Agar generasi yang akan datang menjadi seperti yang kita harapkan perlu didukung minimal guru yang kuat, cerdas dan mempunyai kinerja yang dapat diandalkan. Guru mempunyai peranan dan kedudukan kunci dalam keseluruhan proses pendidikan, terutama dalam pendidikan formal. Menurut Darji Darmodoharjo tugas profesional guru mencakup tugas mendidik (mengembangkan pribadi siswa), mengajar (untuk mengembangkan kemampuan inatelektual siswa), melatih (untuk mengembangkan keterampilan siswa), dan mengelola ketertiban sekolah sebagai penunjang ketahanan sekolah | en_US |
dc.publisher | Ikatan Alumni MPB bekerja sama dengan Magister Pengkajian Bahasa Program UMS | en_US |
dc.subject | Pendidikan Karakter | en_US |
dc.title | Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Padegogik Serta Manfaatnya Bagi Pendidikan Karakter Siswa | en_US |
dc.type | Article | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
Prosiding Pendidikan Profesi dan Karakter Bangsa dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Penguatan Jati Diri Bangsa melalui Peningkatan Kompetensi Bahasa dan Sastra