dc.contributor.author | Winarno, Sapto | |
dc.date.accessioned | 2013-09-26T09:37:08Z | |
dc.date.available | 2013-09-26T09:37:08Z | |
dc.date.issued | 2013-03-01 | |
dc.identifier.citation | Baska, Joyce Van Tassel. 2006. Comprehensive Curriculum for Gifted Learners. Boston: Pearson. Colin J, Marsh,. 2009. Key Concepts for Understanding Curriculum, New York: Routledge. Hawadi, Reni Akbar, R. dkk. 2001. Keberbakatan Intelektual. Jakarta: Grasindo. Kasnadi, 2012. “Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia (Sebuah Tinjauan dari Aspek Kurikulum”. Jembatan Merah .Volume 7 Edisi Desember 2012 hal 245-254. Kennedy. 2005. Changing Schools for Changing Times, Hongkong: Chinese University Press. Newkirk T. 1985. The Hedgehog ang the Fox: The Dilemma of Writing Development. Language Arts. Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2005 Tentang Guru Samani, Muchlas. 2012. Profesionalisasi Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press. Sujinah, 2011. Model Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran untuk Siswa Istimewa. Surabaya: PMN. Strickland. 2007. Language Arts: Learning and Teaching. Canada: Thomson. Strickland. 2003. The Importance of Effective Early Intervention. Newark DE: International Reading Association. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen Undang-Undang RI Sistem Pendidikan Nasional .1989. Jakarta: Dharma Bhakti. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Yamin, Martinis, 2006. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press. Vygotky. 1978. Mind in Society. Cambridge Mass: Harvard University Press. | en_US |
dc.identifier.isbn | 978-979-1032-99-5 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3495 | |
dc.description.abstract | Kemajuan masa depan manusia dan bangsa bergantung pada
kemajuan guru; pembangunan masa depan yang cerah bertumpu pada
seberapa besar investasi pada guru. Guru memiliki keberadaan dan
kedudukan sangat sentral dan vital dalam sistem pendidikan
persekolahan di samping memiliki fungsi dan peranan sangat strategis
bagi keberhasilan pendidikan dan pembelajaran.
Mengingat sedemikian sentral dan strategisnya keberadaan,
kedudukan, dan fungsi serta peranan guru, munculnya berbagai aturan
baik internasional maupun nasional. PBB melalui ILO dan
UNESCO pada dasawarsa 1960-an yang pada 1966 mengeluarkan
ILO/UNESCO Recommendation Concerning that Status of Teachers yang
mengatur seluk beluk guru sebagai sebuah profesi dan seorang
professional (Rahman, 2012: 97)
Sebagai sebuah profesi, guru harus dimasuki oleh orang-orang
professional; guru bukanlah buruh semata-mata yang bisa dilakukan
oleh sembarang orang. Dengan kata lain, guru harus dimasuki oleh
orang-orang yang telah memperoleh pendidikan profesional, tidak
bisa sembarang pendidikan menerjuni profesi guru. | en_US |
dc.publisher | Ikatan Alumni MPB bekerja sama dengan Magister Pengkajian Bahasa Program UMS | en_US |
dc.subject | Bahasa Indonesia | en_US |
dc.title | Keprofesionalan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Tuntutan, Fakta, Dan Solusi) | en_US |
dc.type | Article | en_US |