Show simple item record

dc.contributor.authorSandy, Ignatius A.
dc.contributor.authorAlfian
dc.contributor.authorGiovani A. P, Moch
dc.date.accessioned2013-10-11T09:03:11Z
dc.date.available2013-10-11T09:03:11Z
dc.date.issued2013-03-28
dc.identifier.citationGoodwin, P. dan Wright, G. 2004. Decision Analysis for Management Judgment, Third Edition. London: John Wiley & Sons. Herjanto, E. 2009. Sains Manajemen : Analisis Kuantitatif Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta : Grasindo. Saaty, T.L. 1991. Pengambilan Keputusan Bagi Para Pemimpin. Jakarta : IPPM dan PT Pustaka Binaman Pressindo. Saaty, T.L. 1996. Decision Making with Dependence And Feedback The Analytic Network Process. Pittsburgh: RWS Publications. Saaty, T.L. 2004. The Analytic Network Process : Benefits Opportunities Cost and Risks Decision Example. Pittsburgh: RWS Publications. Supranto, J. 2005. Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta: Rineka Cipta.en_US
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3577
dc.description.abstractCV TX adalah pabrik pisau dan menjadi perusahaan yang dipercayai suatu instansi pemerintah. Produk pisau merupakan produk dominan. Bahan bakunya adalah baja jenis 440C. Baja-baja ini diproduksi oleh Hitachi (Jepang), Bohler (Austria), dan ArcelorMithal (India). Pada awalnya terdapat 2 supplier yaitu Bohler dan Hitachi. Pemesanannya menimbulkan kendala yang mengganggu produksi. Terdapat tambahan alternatif supplier baja yang dipertimbangkan oleh perusahaan yaitu Anchelor Mithal. CV TX membutuhkan metode pengambilan keputusan yang baik dalam pemilihan supplier sehingga dapat mengatasi masalah pemesanan yang terjadi. Metode ANP (Analytic Network Process) merupakan metode yang tepat dalam mengatasi permasalahan ini. Bila dilihat dari permasalahan yang ada, terdapat keterkaitan antara kriteria – kriteria dalam pengambilan keputusan pemilihan supplier tersebut. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode ANP akan diidentifikasi keterkaitan antarkriteria dan dihasilkan keputusan yang terbaik. Kriteria untuk pemilihan supplier adalah biaya, distribusi bahan baku, fasilitas supplier dan karakteristik bahan baku. Setiap kriteria mempunyai beberapa subkriteria yang saling terkait satu sama lain. Berdasarkan identifikasi kriteria/subkriteria serta keterkaitannya, dibangunlah sebuah model keterkaitan Analytic Network Process. Setelah itu seluruh kriteria beserta sub-subkriteria akan dibandingkan satu sama lain. Nilai-nilai perbandingan ini akan diolah dan pada akhirnya didapatkan nilai untuk setiap supplier. Supplier Bohler mendapatkan nilai tertinggi dan menjadi supplier terpilih.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectMetode Pengambilan Keputusanen_US
dc.subjectPemilihan Supplier Bahan Bakuen_US
dc.subjectANP (Analytic Network Process)en_US
dc.titlePenerapan Metode Analytic Network Process (ANP) untuk Pemilihan Supplier Bahan Baku pada CV TXen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record