Analisis Implementasi Strategi Marketing Mix Terhadap Penjualan pada Produsen Furniture Terbesar di Ngawi
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh variabel marketing mix
yaitu promosi dan distribusi terhadap volume penjualan. Hipotesis dalam penelitian ini
adalah diduga promosi mempunyai pengaruh yang positip dan signifikan terhadap
peningkatan volume penjualan dan diduga distribusi mempunyai pengaruh yang positip
dan signifikan terhadap peningkatan volume penjualan. Berdasarkan hasil analisis uji t
diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang positip dan signifikan antara promosi terhadap
peningkatan volume penjualan, dan juga terdapat pengaruh yang positip dan signifikan
antara distribusi terhadap volume penjualan. Sedangkan hasil Uji F menunjukkan bahwa
variabel Promosi (X1) dan Distribusi (X2), secara bersama-sama mempunyai pengaruh
yang signifikan terhadap Volume Penjualan (Y). Berdasarkan hasil analisis diketahui yang
paling dominan dalam mempengaruhi volume penjualan adalah promosi, oleh karena itu
perusahaan dalam menentukan strategi pemasarannya hendaknya lebih menekankan pada
aspek promosi untuk lebih kreatif dan inovatif agar penjualan semakin meningkat.