• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Faktor Psikologis Dan Kontekstual Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (193.5Kb)
    Date
    2013-03-23
    Author
    Tunjungsari, Hetty Karunia
    Hani
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Dalam upaya mendukung tujuan pemerintah Indonesia untuk memiliki wirausaha sebanyak 2 % dari total penduduk Indonesia, penelitian tentang bagaimana intensi berwirausaha dapat terbentuk dalam diri seseorang penting dilakukan sebagai salah satu upaya mempersiapkan wirausaha-wirausaha tangguh di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh faktor-faktor psikologis dan kontekstual dalam membentuk intensi berwirausaha pada seseorang. Intensi berwirausaha telah banyak diteliti dan terbukti mampu menjadi indikator yang akurat atas perilaku berwirausaha di masa mendatang. Faktor psikologis yang diteliti terdiri atas self-determination, risk bearing ability, serta belief and attitude. Sementara itu faktor kontekstual terdiri atas academic support, social support, dan environmental support. Sampel penelitian ini terdiri atas 100 mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh faktor psikologis dan kontekstual mempengaruhi intensi berwirausaha pada mahasiswa secara signifikan, kecuali risk bearing ability dan academic support. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan bagi penyelenggara pendidikan tinggi dalam mendesain lingkungan yang tepat dalam menumbuhkan intensi berwirausaha pada mahasiswanya. Selain itu, hasil dari penelitian ini memperkuat penelitian-penelitian terdahulu, dimana faktor psikologis dan kontekstual memiliki peranan penting dalam membentuk intensi berwirausaha, terutama dalam konteks mahasiswa di Indonesia.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3803
    Collections
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV