Analisis Pengaruh Atribut BPR Bank XYZ Terhadap Loyalitas Konsumen
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk menganalisis pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan
terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada BPR Bank XYZ Kudus, 2) Untuk
menganalisis variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan dan loyalitas
pelanggan Pada BPR Bank XYZ Kudus. Populasi dalam penelitian ini adalah para
konsumen yang melakukan transaksi pada BPR Bank XYZ Kudus dan metode yang
digunakan dalam pengambilan sampel pada penelitian ini adalah convenience sampling.
Berdasarkan analisis data uji t menunjukkan Ho diterima t hitung lebih kecil dari t tabel
(0,016060 > 1,960) maka hal ini menunjukkan bahwa lokasi (X1) tidak mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel kualitas pelayanan
diperoleh hasil Ho ditolak t hitung lebih besar dari t tabel (10,44173 > 1,960), maka hal ini
menunjukkan bahwa kualitas pelayanan (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan
terhadap kepuasan konsumen (Y1). Variabel kepuasan konsumen diperoleh hasil Ho ditolak
t hitung lebih besar dari t tabel (11,02826 > 1,960) maka hal ini menunjukkan bahwa
kepuasan konsumen (Y1) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas
konsumen (Y2). Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (38,35791 > 3,15),
maka Ho ditolak, Berarti secara bersama- sama variabel lokasi (X1), kualitas pelayanan
(X2) dan kepuasan konsumen (Y1) berpengaruh positip dan signifikan terhadap loyalitas
konsumen (Y2). Hasil analisis R square (R2) sebesar 0,553780, berarti bahwa variasi
perubahan variabel loyalitas konsumen (Y2) dapat dijelaskan oleh variabel kepuasan
konsumen (Y1) yang berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y2) sebesar
55,3%. Sedangkan sisanya sebesar 44,7% dijelaskan oleh variabel lain diluar model