• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding The National Conference on Management and Business (NCMAB)
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Green Marketing Melalui Higher Net Sustainable Value Sebagai Sumber Keberlanjutan Kemajuan Proses Bisnis dan Kemakmuran Untuk Perusahaan Skala Kecil Menengah di Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (82.19Kb)
    Date
    2013-03-23
    Author
    Kristanti, Maria Mia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Telah banyak sekali studi dari berbagai negara manapun di dunia ini yang menunjukkan bahwa pelanggan (konsumen, bisnis, ataupun organisasi sector publik), karyawan, dan investor yang cenderung memilih dan menyukai perusahaan-perusahaan yang lebih bertanggungjawab terhadap lingkungannya. Perusahaan-perusahaan seperti ini telah terbukti lebih memiliki keberlanjutan bisnis yang lebih baik daripada perusahaan lainnya. Sensitivitas perusahaan pada konteks sosial, etika, dan lingkungan dimana perusahaan beroperasi, sangat menentukan masa depan bisnis dan tentunya berpengaruh pada legitimasi dan kelangsungan bisnis jangka panjang. Untuk itu perusahaan harus mengintegrasikan berbagai aspek diatas ke dalam pemikiran strategis yang lebih luas, dengan mengadopsikan pendekatan ‘triple bottom line’, daripada hanya sekedar berfokus pada pertumbuhan pangsa pasar, penjualan, dan profitabilitas. Greener marketing di karakteristikkan dengan fokus perusahaan terhadap aspek lingkungan, dan upaya untuk mengurangi kerusakan lingkungan. Sustainable marketing sebagai output dari greener marketing, menjadikan daya saing perusahaan mengalami kemajuan yang terus berlanjut. Konsep ‘triple bottom line’ ini, di capai melalui penciptaan, produksi, dan pemberian sustainable solutions dengan higher net sustainable value, yang di sertai dengan kontinuitas kepuasan pelanggan serta stakeholders lainnya. Paradigma ini mengeksplorasikan esensi hubungan yang saling terkait antara lingkungan, sosial, dan kemajuan ekonomi terhadap kesejahteraan perusahaan. Bisnis skala kecil hingga trans- nasional sekalipun, perlu mengadopsi dan mengembangkan tanggungjawab terhadap keberlanjutan bisnis, baik dalam skala lokal, regional, nasional, maupun internasional. Perusahaan skala kecil dan menengah di seluruh dunia mayoritas memiliki sedikit pengetahuan mengenai manajemen lingkungan, dan kurang memahami konsep manajemen lingkungan. Konsep green masih merupakan konsep yang sangat baru, untuk pemilik maupun pengelola usaha skala kecil menengah. Meskipun telah banyak sekali konferensi, seminar, dan kampanye dengan tema green, namun hal ini menjadi kurang di respon oleh usaha skala tersebut. Konsep green process dan green products di Indonesia masih dalam tahap pertumbuhan. Pemicu maupun pendorong perilaku yang berfokus pada lingkungan masih relatif belum banyak di teliti pada usaha skala kecil menengah (Worthington & Patton, 2005), dan masih perlu di kelola lebih lanjut untuk membantu pemilik dan pengelola usaha skala tersebut meraih keberlanjutan bisnis melalui kesadaran terhadap lingkungan atau green concept (Hitchens et al., 2003). Penelitian ini di tujukan untuk mengidentifikasikan key drivers dari aplikasi manajemen lingkungan untuk usaha skala kecil menengah agar menyadari pentingnya konsep bisnis berbasis lingkungan atau go green. Beberapa key drivers yang di temukan dalam penlitian ini adalah economic benefits, financial incentives, stakeholders demand, peraturan dan perundangan, sumberdaya, motivasi dan pengetahuan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3835
    Collections
    • Seminar Nasional dan Call for Papers SANCALL 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV