Studi Empiris Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Industri Jasa Konstruksi di Kota Surakarta
View/ Open
Date
2013-03-23Author
Praptomo, Agung Nugroho
Riyardi, Agung
Syamsudin
Metadata
Show full item recordAbstract
Dunia bisnis jasa konstruksi saat ini ditandai dengan meningkatnya kompetsisi dari jumlah
perusahaan yang meningkat cepat. Manajemen harus berhati-hati kondisi ini dan
mempersiapkan semua aspek yang terkait dalam rangka untuk meningkatkan kinerja
perusahaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh diferensiasi
dan inovasi sebagai strategi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan terhadap kinerja
perusahaan jasa konstruksi. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan analisis
SEM. Data diambil dari wawancara dari 105 direktur perusahaan jasa konstruksi di kota
Surakarta. Hal ini ditemukan bahwa diferensiasi dan inovasi memiliki pengaruh positif
terhadap strategi keunggulan kompetitif yang berkelanjutan yang pada akhirnya
meningkatkan kinerja perusahaan.Hasil kuisioner yang ditujukan para direktur
menunjukkan bahwa tingkat pendidikan terbanyak adalah S1 (37,1%), latar belakang
pendidikan terbanyak dari multi disiplin ilmu (38,1%),usia bekerja yang paling banyak
kurang dari 40 tahun (67,6%), lama bekerja paling banyak antara 3 sampai 4 tahun
(74,3%). Data kemudian diolah menunjukkan ketiga variabel tersebut menunjukkan taraf
signifikan 5% N = 105, dengan ttabel (5%) = 0,195 sehingga dapat dilihat dan diketahui bahwa deferensiasi, inovasi dan strategi keunggulan bersaing valid, sebab korelasi pearson
di atas 1,195. Dari hasil analisis SEM diperoleh bahwa model ini dapat diterima. Tingkat
signifikansi sebesar > 0.90 menunjukkan bahwa hipotesa nol yang menyatakan bahwa tidak
terdapat perbedaan antara matriks kovarians sampel dan matriks kovarians populasi yang
diestimasi tidak dapat ditolak. Akhirnya hasil penelitian ini disampaikan bahwa diferensiasi
dan inovasi merupakan faktor yang sangat penting dalam persaingan usaha jasa
konstruksi. Bahkan merupakan strategi pemasaran yang harus dilakukan setiap pemangku
kepentingan agar selalu dapat berkembang dalam dunia bisnis.