dc.contributor.author | Suwardi, S. | |
dc.date.accessioned | 2012-03-12T02:14:07Z | |
dc.date.available | 2012-03-12T02:14:07Z | |
dc.date.issued | 2005-10 | |
dc.identifier.citation | ________.1990. Peraturan pemerintah No. 22 Tentang Penyerahan Sebagian Urusan Pemerintah Dalam Bidang lalulintas dan Angkutan Kepada Dati I dan dati II, Jakarta. ________.1993. Peraturan pemerintah No. 41 Tentang Lalulintas dan Angkutan, Jakarta. ________.1993. Peraturan pemerintah No. 43 Tentang Prasarana dan Lalulintas Jalan, Jakarta. ________.1997. Perencanaan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB. __________. 1996. Sistem transportasi. Jakarta: Penerbit Universitas Guna Darma. __________. 1994. Haigway Capcitys Manual, Transportation Research Board, National ResearchCouncil, Washington, D. C.. Departemen Perhubungan. 1996. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta: PT Bina Karya. Abubakar. 1996. Menuju Lalulintas dan Angkutan jalan yang tertip. Jakarta: Direktorat Perhubungan Darat. Hobbs, FD. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalulintas, (terjemahan). Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Nasution, H. 1996. Manejemen Transportasi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Prayogo. 1999. Pengaruh lama Penutupan Pintu Lintasan Kereta Api terhadap Tundaan dan Panjang antrian, Theses s-2 MSTT UGM, Yogyakarta. Tamim,O.Z. 1997. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: Penerbit ITB. | en_US |
dc.identifier.issn | 1411-5174 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/385 | |
dc.description.abstract | Jalan Slamet Riyadi merupakan jalan utama di kota Surakarta. Ruas jalan
tersebut membentang kearah barat – timur di tengah kota surakarta yang
lalulintasnya sangat padat. Karena jalan tersebut merupakan akses masuk dan
keluar kota surakarta. Di jalan yang lalulintasnya sangat padat tersebut sering
terjadi kemacetan pada waktu ada kereta api yang melintas, karena jalan tersebut
terdapat lintasan kereta api yang menyilang sebidang dengan jalan raya. Pada
waktu kereta api melintas yang frekwensinya sangat tinggi akan terjadi antrian
yang sangat panjang baik dari arah timur maupun arah dari barat. Dari masalah
tersebut di atas maka perlu adanya analisis tentang karakteristik lalulintas yang
berkait dengan lintasan kereta api. Analisis lalulintas ini dimaksudkan untuk
memberi masukan semua pihak yang terkait sehingga pada yang masa yang
akan datang ada solusi sehingga jalan tersebut tidak terjadi kemacetan lalulintas
dan antrian yang sangat panjang. Serta tundaan waktu pejalanan cukup lama
yang akan mengganggu semua aktivitas. Metode penelitian, dilakukan dengan
cara menggali data yang meliputi observasi untuk menentukan seting fisik dan
lingkungan sekitarnya. Yang selanjutnya diikuti pengumpulan data sekunder
dan data primer. Penelitian ini dilakukan di jalan Slamet Riyadi Surakarta.
Terutama di persimpangan dengan jalan rel. Dari data primer (hasil survai)
dan data sekunder dianalisis. Dari analisis tersebut akan didapatkan, derajat
kejenuhan (DS) atau 0volume lalulintas dibagi kapasitas ( Q/C), kecepatan,
tundaan, panjang antrian kerugian waktu, kerugian bila dinilai dengan uang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan di Jl. Slamet Riyadi
Purwosari dari arah barat siang hari rata-rata C dan B sedang malam hari rata-rata tingkat pelanan B dan A. Dari arah timur siang hari rata-rata tingkat
pelayanan C dan malam hari rata-rata tingkat Pelayanan B dan A. Besar
tundaan (delay) saat kereta api melintas pada lintasan di Jl. Slamet Riyadi
Purwosari ke arah barat rata-rata tundaan 52.072 detik sedang ke arah timur
rata-rata tundaan 50.091 detik. Jumlah antrian pada saat kereta api melintas
pada lintasan di Jl. Slamet Riyadi Purwosari ke arah barat jumlah antrian
rata-rata 40.48 smp tiap lintasan sedang ke arah timur jumlah antrian ratarata
40.95 smp tiap lintasan. Jumlah Tundaan Dua Arah ke Barat dan ke
Timur 85.129 smp jam/ hari dan dalam Satu Tahun 30646,44 smp jam/tahun.
Besar kerugian yang ditanggung para pengguna bila waktu dinilai dengan uang
pada saat kereta api melintas pada lintasan di Jl. Slamet Riyadi Purwosari
dalam 1 Tahun Akibat Lintasan Kereta Api sebesar Rp. 766.161.000,-/tahun | en_US |
dc.subject | lalulintas | en_US |
dc.subject | lintasan KA Purwosari | en_US |
dc.title | PENGARUH LINTASAN KERETA API TERHADAP LALULINTAS JALAN SLAMET RIYADI PURWOSARI SURAKARTA | en_US |
dc.title.alternative | INFLUENCE OF GRADE CROSSING TOWARD TRAFFIC OF SLAMET RIYADI STREET, PUWOSARI SURAKARTA | en_US |
dc.type | Article | en_US |