dc.identifier.citation | Hair, J.F., Anderson, R.E., Tatham, R.L., Black, W.C. 2006. Multivariate Data Analysis, 6th edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc. Jakarta prenhalindo. [Online], Diakses dari: http://blogdetik.com/2011/11/29/jenis-jenis-gamer [2012, 25 Februari]. [Online], Diakses dari: http://ligagame.com/jenis-jenis-grip [2012, 5 Maret]. [Online], Diakses dari : http://logitech.com/spesifikasi [2012,5 Maret]. [Online], Diakses dari : http://razerzone.com/spesification [2012,5 Maret]. [Online], Diakses dari: http://arstechnica.com/pertumbuhan-industri-game [2012, 3 April]. [Online], Diakses dari: http://www.indonesiafinancetoday.com/penjualan-gaming-mouse [2012, 23 Mei]. Orme, Bryan. 2010. Sample Size Issues for Conjoint Analysis Studies. Sawtooth Software Research Paper. Sequim, WA: Sawtooth Software Inc. Orme, Bryan. 2009. Which Conjoint Method Should I Use. Sawtooth Software Research Paper. Sequim, WA: Sawtooth Software Inc. Sawtooth Software, Inc. 2008. Choice-Based Conjoint (CBC) Technical Paper. Sequim, W : Sawtooth Software Inc. Sawtooth Software. Choice Based Conjoint Technical paper, 2001. Available at http://.sawtoothsoftware.com/download/techpap/cbctech.pdf. Sawtooth Software. Hierarchical Bayes Analysis Technical Paper (version 3.2), 2004. Available at http://.sawtoothsoftware.com/download/techpap/- hbtech.pdf. Sekaran, Uma. 2003. Research Methods For Business, 4th edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Administrasi. CV Alfabeta, Bandung. | en_US |
dc.description.abstract | Game sebagai salah satu jenis hiburan yang dapat melatih kemampuan intelektual seseorang.
Perkembangan teknologi yang cepat mendorong munculnya berbagai jenis permainan game
online. Dalam bermain game, selain skill, para gamer didukung oleh aksesoris game, seperti
gaming mouse. Peluang tersebut dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk masuk ke dalam bisnis
aksesoris game, yang tentunya akan meningkatkan persaingan bisnis antar perusahaan. Untuk
mencapai keunggulan kompetitif dalam bersaing, perusahaan berusaha untuk
menghasilkan/memasarkan produk yang sesuai dengan keinginan/kebutuhan konsumen. Tujuan
dari penelitian ini adalah membantu perusahaan dalam menentukan kombinasi atribut dari
produk gaming mouse yang didasarkan pada preferensi konsumen.
Proses penelitian dimulai dari pengidentifikasian kebutuhan konsumen hingga diperoleh atributatribut
yang berpengaruh secara signifikan terhadap preferensi konsumen. Setelah diperoleh
atribut tersebut dilakukan penentuan level dari setiap atribut dilanjutkan dengan pemilihan
metode yang digunakan dalam penelitian. Metode choice-based conjoint (CBC) analysis dipilih
karena memberikan pendekatan yang lebih realistik dibandingkan dengan metode conjoint
lainnya dalam menganalisis preferensi konsumen tidak hanya dari segi main effect tetapi
interaksi antar atribut (interaction effect). Selain itu metode CBC juga menyediakan none option
untuk stimuli yang tidak mewakili preferensi konsumen.
Dengan menggunakan counting analysis dan logit analysis dari Sawtooth Software, didapatkan
usulan kombinasi atribut produk gaming mouse pada level agreggate yang dapat memenuhi
preferensi keseluruhan konsumen, yaitu sebagai berikut: sensitivity >6000 dpi, kecepatan gerak
sebesar >165 inch/s, akselerasi mencapai 30g-50g, sistem sensor yaitu 4G dual sensor system
dan jumlah tombol makro sebanyak <6 buttons. | en_US |