Show simple item record

dc.contributor.authorSitorus, Hotna Marina
dc.contributor.authorTania, Pamela
dc.date.accessioned2013-12-06T01:41:40Z
dc.date.available2013-12-06T01:41:40Z
dc.date.issued2012-12-18
dc.identifier.citationBlanchard, P.N & Thacker, T.W., (2007), “Effective Training : Systems, Strategies, and Practices”, Pearson Education, Inc., 3rd edition. Edwards, J.E., Scott, J.C., & Raju, N.S, ( 2003), “The Human Resources Program-Evaluation Handbook”, Sage Publications, Inc. Kirkpatrick, D.L. & Kirkpatrick, J.D., (2006), “Evaluating Training Program”, Berrett-Koehler Publisher, Inc., 3rd edition. Werther, W.B., Jr., & Davis, K., (1996), “Human Resources and Personnel Management”, McGraw–Hill, Inc.en_US
dc.identifier.issn1412-9612
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3910
dc.description.abstractPelatihan yang baik bukan hanya perlu dirancang dengan baik, namun juga perlu dievaluasi efektivitasnya untuk memastikan tercapainya tujuan. PT. X merupakan perusahaan konsultan SDM yang menangani pengelolaan SDM untuk para kliennya. Salah satu layanan utama PT. X adalah merancang pelatihan sesuai kebutuhan spesifik yang ditetapkan, sekaligus juga menyelenggarakan pelatihan tersebut. Saat ini PT. X lebih berfokus pada proses perancangan dan pelaksanaan pelatihan, namun belum melakukan proses evaluasi pelatihan secara memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelatihan yang diselenggarakan oleh PT. X berdasarkan konsep Kirkpatrick & Kirkpatrick. Konsep Kirkpatrick & Kirkpatrick merupakan konsep evaluasi pelaksanaan pelatihan yang dilakukan secara sistematis. Evaluasi dilakukan terhadap 4 level yaitu level reaksi, level belajar, level perilaku dan level hasil. Evaluasi level reaksi dilakukan dengan mengukur reaksi peserta pelatihan terhadap pelatihan yang dilaksanakan. Evaluasi level belajar mengukur kemampuan peserta pelatihan memahami materi yang diberikan. Evaluasi level perilaku mengukur perubahan perilaku yang terjadi pada peserta pelatihan, sementara level hasil mengukur pencapaian hasil. Penerapan konsep evaluasi Kirkpatrick & Kirkpatrick di PT. X dilakukan pada sebuah pelatihan yang diberikan pada para pramuniaga di retailer resmi sebuah perusahaan garmen di kota Bandung, dan dilakukan pada level reaksi, belajar dan perilaku. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, level reaksi pelatihan tersebut berada pada nilai 5,5 dari skala 8. Pada level belajar, kemampuan para pramuniaga meningkat dari 2,12 menjadi 3,49 (dari skala 4). Berdasarkan evaluasi level perilaku, 73,3% peserta dapat mencapai perubahan perilaku yang ditargetkan. Usulan yang dapat diberikan antara lain adalah meningkatkan kemampuan presentasi trainer, menggunakan teknik presentasi yang mampu menarik perhatian peserta, meningkatkan kemampuan komunikasi trainer, serta lebih banyak memasukkan unsur pelatihan yang menekankan pada pembentukan perilaku, misalnya role playing, simulasi atau behavior modellingen_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjectevaluasi pelatihanen_US
dc.subjectkonsep Kirkpatrick&Kirkpatricken_US
dc.subjectkualitas SDMen_US
dc.titleEvaluasi Pelaksanaan Pelatihan Berdasarkan Konsep Kirkpatrick&Kirkpatrick: Studi Kasus Di PT. X Bandungen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record