dc.identifier.citation | Jogiyanto, (2005), “Analisis & Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis”, Penerbit Andi Yogyakarta. Kadir, Abdul., (2003), “Pengenalan Sistem Informasi”, Penerbit Andi Yogyakarta. Maulana, Citra., (2002), “Rancangan Sistem Informasi Penjualan dan Simpan Pinjam pada Koperasi Pegawai Mahkamah Agung (KPMA) Jakarta”. Skripsi, Universitas Gunadarma. Ningsih, Dwi Agustia., (2010), “Perancangan Sistem Informasi Data Simpan Pinjam”. Skripsi, Universitas Sumatra Utara. | en_US |
dc.description.abstract | Penerapan sistem komputer dalam bidang keuangan sudah begitu banyak, namun tidak sedikit yang
belum memanfaatkan keunggulannya untuk mempermudah pekerjaan. Salah satu lembaga yang
bergerak dalam bidang keuangan adalah koperasi Yudi Jaya yang menangani transaksi simpan
pinjam bagi para nasabahnya. Koperasi ini sudah memanfaatkan teknologi komputer untuk
mengelola data-data keuangannya namun pengelolaannya tidak sepenuhnya dilakukan dengan baik
dan lancar. Pencatatan setiap transaksi dalam koperasi ini masih menggunakan cara mengetik satu
per satu transaksi yang dilakukan dengan nasabah, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk
pencatatan setiap transaksi menjadi relatif lama dan data-datanya disimpan dalam sebuah buku
transaksi. Disamping itu salah satu masalah yang juga timbul adalah sering terjadinya human error,
misalnya terjadi kesalahan pengetikan dalam pencatatan atau penulisan data-data transaksi di
koperasi dan juga ketidaktahuan karyawannya untuk mengoperasikan aplikasi yang sedang
digunakan terutama dalam hal menerapkan beberapa formula menggunakan spreadsheet. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dibangun sebuah aplikasi untuk membantu
pengelolaan kegiatan transaksi dan data-datanya di koperasi Yudi Jaya. Sistem aplikasi ini dibangun
menggunakan Lazarus dengan dukungan MySQL sebagai pengolah basis datanya. Kebutuhan data-
data untuk aplikasi ini diperoleh dari studi lapangan secara langsung dengan metode survei dan
wawancara kepada pengelola dan pegawai koperasi. Sementara itu, pengujian aplikasi dilakukan
dengan dua cara yaitu pengujian internal dan eksternal. Pengujian internal dilakukan untuk
mengetahui kesalahan-kesalahan yang terjadi saat pembuatan aplikasi. Sedangkan pengujian
eksternal dilakukan untuk membandingkan waktu penggunaan cara lama dengan cara baru serta
pengisian kuisioner mengenai aplikasi yang telah dibuat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa
aplikasi ini mampu mengatasi masalah waktu yang relatif lama dalam transaksi di koperasi. Hal ini
dibuktikan dalam pengujian sistem yang menunjukkan waktu pengerjaan setiap transaksi
menggunakan aplikasi lebih cepat antara 25% hingga 33% dibandingkan menggunakan cara lama.
Sistem ini juga dapat membantu dan memudahkan kegiatan transaksi. Hal ini ditunjukkan dari hasil
kuesioner dimana 30% menyatakan sangat setuju dan 70% menyatakan setuju jika sistem ini
membantu dan memudahkan kegiatan transaksi. | en_US |