Pengendalian Motor BLDC Menggunakan Jaring Saraf Tiruan
Abstract
Dalam penelitian ini dikembangkan suatu pengendalian motor BLDC menggunakan Jaring Saraf
Tiruan (JST) atau Neural Network (NN). Penyusunanan Jaring Saraf Tiruan atau Neural Network
dilakukan dengan teknik pembelajaran berdasarkan algoritma backpropagation dan dengan optimasi
struktur yang didasarkan pada epoch dan error yang minimal. Efektivitas metode yang diusulkan
diverifikasi dengan membandingkan kinerja motor BLDC menggunakan kendali JST dengan kinerja
motor BLDC yang menggunakan kendali PID. Hasil simulasi menunjukkan bahwa kontrol JST yang
diusulkan mampu menghasilkan peningkatan kinerja kendali yang signifikan dibandingkan dengan
kontroler PID. Pada kondisi pengendalian kecepatan referensi yang variasi, kecepatan yang
dihasilkan kendali JST lebih cepat menyesuaikan dan lebih stabil bila dibandingkan dengan dengan
kendali PID. Begitu juga pada beban yang bervariasi, kendali dengan JST menghasilkan kecepatan
motor jauh lebih stabil dibandingkan dengan kontrol PID.