Show simple item record

dc.contributor.authorAndayani, Tri Rejeki
dc.date.accessioned2013-12-12T08:14:05Z
dc.date.available2013-12-12T08:14:05Z
dc.date.issued2013-06-01
dc.identifier.citationAndayani, TR; Yusuf, M; dan Hardjajani, T. (2010). Strategi pengembangan living values education melalui model pembelajaran nilai toleransi berbasis budaya “tepa sarira” pada anak usia sekolah dasar (suatu alternatif pendidikan karakter). Laporan Penelitian Hibah Strategis Nasional Tahun I. Surakarta : Prodi Psikologi FK UNS dan LPPM UNS. Endraswara, S. (2013). Memayu hayuning bawana: laku menuju keselamatan dan kebahagiaan hidup orang Jawa. Yogyakarta: Narasi. Geertz, H.(1983). Keluarga Jawa. Jakarta : Grafiti Pers. Hurlock, E.B. (1990). Developmental psychology. A life span approach. Edisi 5. New Delhi: Tata Mc Graw Hill Publishing Company LTD. Khisbiyah, Y. dan Sabardila, A. (2004). Pendidikan apresiasi seni : wacana dan praktek untuk toleransi pluralisme budaya. Surakarta : Pusat Studi Budaya-PS Universitas Muhammadiyah Surakarta. Ki Jlitheng (Suparman/R.T. Gunocarito). (2005). Serat Wedhatama : Anggitanipun KGPAA Mangkunegara IV. Megawangi, R. (2008). Semua berakar pada karakter : isu-isu permasalahan bangsa. Jakarta: Lembaga Penerbitan FE UI. Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (1989). Psikologi perkembangan: pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Prihartanti, N. (2008). Model pembelajaran toleransi pada siswa sekolah dasar. Proceedings Temu Ilmiah Nasional Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia. Bandung : Universitas Padjajaran. Salim, H. (2003). “Belajar bersama pluralisme: sekelumit pengalaman”. Wacana, Volume XV, 2003: 223. Suratno, P. dan Astiyanto, H. (2009). Gusti ora sare : 90 mutiara niali kearifan budaya Jawa. Yogyakarta : ADIWACANA. Tillman, D. (2001). Living values activities for children ages 8-14. (Editor : Respati, dkk). Jakarta : PT Grasindo.en_US
dc.identifier.isbn9789796361533
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/3957
dc.description.abstractAbstraksi. Pendidikan karakter bertujuan membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti dan pembelajaran nilai-nilai hidup. Toleransi merupakan salah satu nilai-nilai hidup yang penting bagi setiap anak untuk hidup rukun dan harmonis dalam kemajemukan masyarakat Indonesia. Budaya Jawa yang mengedepankan kerukunan dan keharmonisan sosial tentu saja memiliki nilai-nilai budaya yang menunjang terwujudnya hal tersebut, salah satu diantaranya adalah tepa sarira. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan sikap dan perilaku toleransi pada anak usia Sekolah Dasar melalui penerapan model pendidikan karakter yang berbasis budaya tepa sarira. Desain dalam penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan bentuk pretest-posttest one-group design experiment (before and after only with no control design). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas atas Program Inklusi di SD Al Firdaus Surakarta sebanyak 88 siswa. Pengumpulan data menggunakan Skala Sikap Toleransi (Reliabilitas 0,939) dan Kuesioner Perilaku Toleransi (Reliabilitas 0,843). Teknik analisis data dilakukan dengan teknik Uji-t. Hasil penelitian membuktikan bahwa melalui sistem integrasi pembelajaran di sekolah, model pendidikan karakter yang berbasis budaya tepa sarira terbukti dapat meningkatkan sikap dan perilaku toleransi pada anak usia sekolah dasar. Untuk memperluas manfaat penelitian, maka penerapan model pembelajaran nilai toleransi berbasis budaya tepa sarira ini perlu ditingkatkan dari segi waktu dan tempat penyelenggaraan, peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru melalui Pelatihan dan Pendampingan Penyusunan dan Pengembangan RPP Berbasis Pendidikan Karakter, dan melibatkan peran orangtua (keluarga) sebagai salah satu sumber sosialisasi nilai-nilai hidup dan budaya yang menunjang pendidikan karakter.en_US
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartaen_US
dc.subjecttoleransien_US
dc.subjecttepa sariraen_US
dc.subjectpendidikan karakteren_US
dc.titlePeningkatan Toleransi Melalui Budaya Tepa Salira (Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record