• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Prestasi Belajar Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (162.8Kb)
    Date
    2013-06-01
    Author
    Hakim, Siti Nurina
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pola asuh demikratis dan otoriter orangtua terhadap prestasi belajar siswa kelas satu sekolah dasar (SD) fullday dan regular. Hipotesis yang diajukan adalah : 1. Ada hubungan positif antara pola asuh demokratis terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar program fullday, serta 2. Ada hubungan negatif antara pola asuh otoriter dengan prestasi belajar siswa sekolah dasar program regular. Subjek penelitian pada sekolah dasar fullday diambil sampel 2 kelas yaitu kelas 1A yang terdiri dari 36 anak dan kelas 1B dengan 36 anak, sedangkan pada sekolah dasar regular oleh karena keterbatasan jumlah subjek maka dilakukan studi populasi. Adapun populasi yang dipakai adalah siswa sekolah dasar (SD) kelas satu yang bersekolah di SDN Mojo II Surakarta yang berjumlah 15 siswa, SDN Mojo III Surakarta yang berjumlah 12 siswa, SDN Sudiroprajan Surakarta yang berjumlah 10 siswa, SDN Wiropaten III Surakarta yang berjumlah 9 siswa dan SDN Purwoprajan I yang berjumlah 11 siswa sehingga jumlah keseluruhan ada 57 siswa. Metode yang dipakai untuk pengumpulan data adalah dengan menggunakan skala pola asuh serta rapor kelas satu pada semester satu dan dua. Hipotesis pertama diuji dengan melakukan pengolahan data yang menggunakan analisis Kendals tau_b, hasil analsis menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar -0,030 dengan p= 0,711 (p > 0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pola asuh demokratis dengan prestasi belajar siswa. Hipotesis kedua diuji dengan product moment dari Karl Pearson, hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar -0,142 dengan p = 0,293 (p > 0,05) seingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara pola asuh otoriter orangtua dengan prestasi belajar siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3970
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV