• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMS
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peran Keluarga Inti dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Remaja

    Thumbnail
    View/Open
    Full Text (201.7Kb)
    Date
    2013-06-01
    Author
    Partini
    Rivai, A.Z.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Belajar merupakan kewajiban dari setiap remaja yang berada dalam usia sekolah. Namun demikian remaja seringkali mengalami hambatan dalam belajar, kurang bersemangat, malas dan lebih memilih aktivitas lain ketimbang belajar. Salah satu faktor yang berperan dalam menumbuhkan motivasi belajar adalah lingkungan belajar yang kondusif dimana lingkungan tersebut dapat tercipta melalui peran keluarga inti. Hasil penelitian pada remaja yang bersekolah di SMP Al-Muayyad Surakarta menunjukkan bahwa peran dukungan kelurga inti untuk menumbuhkan motivasi belajar putra putrinya adalah 21%. Namun demikian bila dilihat dari masing-masing komponen yang ada di dalam dukungan keluarga inti maka dengan menggunakan analisis regresi perbandingan bobot prediktor diperoleh hasil: komponen instrumental memberikan peran 12,36%, komponen informasi 1,49%, komponen penilaian 4,31%, dan komponen emosional 68,16%.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/3972
    Collections
    • Seminar Nasional Psikologi UMS 2013

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV