dc.contributor.author | Coralia, Farida | |
dc.date.accessioned | 2013-12-13T09:25:17Z | |
dc.date.available | 2013-12-13T09:25:17Z | |
dc.date.issued | 2013-06-01 | |
dc.identifier.citation | Balswick, Jack O, dan Balswick, Judith K. 1990. The family. (edisi ke-2) Grand Rapinds, Michigan: Boker Book House Covey, Stephen R. 1997. The 7 Habits of Highly Effective Families, New York: A Viacom Company. Edwards, C. Drew. 2006. Mengatasi Anak yang Sulit Diatur. Bandung : Kaifa Essau, Cecilia A. 2008. Adolescent Addiction : Epidemiology, Assessment and Treatment. United States of America : Elsevier Inc. Gackenbach, Jayne. 2007. Psychology and the Internet: Intrapersonal, Interpersonal and Transpersonal Implications. Cetakan kedua. New York Hurlock, Elizabeth B. 1996. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Cetakan kelima. Jakarta : Erlangga. | en_US |
dc.identifier.isbn | 9789796361533 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/3991 | |
dc.description.abstract | Perkembangan internet menyuguhkan banyak penawaran yang menarik, termasuk
bagi anak Sekolah Dasar. Namun, dibandingkan menggunakan internet untuk menyelesaikan
tugas sekolah, kenyataannya banyak yang beralih pada game online. Bermain game online
secara berlebihan akan mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun mental pada anak, dan
bisa mengarah pada adiksi bagi pemainnya. Didasari pandangan bahwa penerapan disiplin
yang efektif serta komunikasi yang baik antara orangtua dan anak merupakan faktor penting
dalam membatasi atau mengontrol kegemaran anak bermain game online, maka orangtua
perlu memahami bagaimana membentuk relasi yang hangat dengan anak. Tersedianya suatu
rancangan intervensi diharapkan dapat menjadi model intervensi yang tepat dalam menangani
kegemaran bermain game online pada anak Sekolah Dasar. Model intervensi dalam
penelitian ini menggunakan bentuk pelatihan dengan pendekatan experiential learning.
Subjek penelitian sebanyak 15 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling.
53,33% anak mempersepsi bahwa mereka mendapatkan teknik penerapan disiplin yang
bersifat otoriter. | en_US |
dc.publisher | Universitas Muhammadiyah Surakarta | en_US |
dc.subject | rancangan intervensi | en_US |
dc.subject | komunikasi orangtua dan anak | en_US |
dc.subject | kegemaran bermain game online | en_US |
dc.title | Peran Komunikasi Orangtua-Anak dalam Penanganan Kegemaran Bermain Game Online | en_US |
dc.type | Article | en_US |